Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Mau Kenyang? Cari "AYCE" Korea

5 Maret 2021   18:05 Diperbarui: 5 Maret 2021   18:20 77 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mau Kenyang? Cari "AYCE" Korea
Ayce (sumber: ayomakan.com)

Anda mau makan kuliner Korea karena terpengaruh drakor yang sering Anda tonton? Hati-hati, bukannya nenakut-nakuti, tetapi Anda harus mengukur ketebalan dompet Anda terlebih dulu. Bila Anda salah masuk rumah makan Korea, anggaran untuk makan berdua minimum bisa mengeluarkan dana 500 ribu Rupiah.

Apalagi rumah makan Korea yang menyediakan chef per meja, hampir dipastikan "damage cost" akan sangat mahal. Karena Anda tingggal duduk manis dan chef akan memasak atau memanggang daging pesanan Anda lalu menempatkan pada piring-piring kecil bila masakan atau panggangan sudah matang.

Bagi Anda yang memiliki dana cukup, sekali-kali memanjakan diri di rumah makan Korea, silakan saja. Kuliner Korea pada umumnya tidak jauh dari panggangan atau barbeque (BBQ). Anda tinggal memilih jenis daging yang disukai. Bagi Anda yang tidak menyantap daging babi sebaiknya lebih baik bertanya pada penerima pesanan agar jangan salah pesan karena mungkin saja Anda kurang familiar dengan istilah daging yang sering kali ditulis dengan bahasa Korea. Malu bertanya, bisa salah pesan. Hati-hati ya bro n gal.

Kalau mau aman dan murah meriah alias bersahabat dengan isi kantong, disarankan carilah rumah makan Korea ala "AYCE". "AYCE" adalah kependekan dari "All You Can Eat". Sepanjang penelusuran penulis yang telah keluar masuk rumah makan "AYCE" belum pernah menemukan rumah makan Korea "AYCE" yang menyediakan daging babi. Kebanyakan menyediakan daging sapi, ayam dan ikan.

Harganya bersahabat karena hanya 99 ribu Rupiah per kepala, bila Anda pergi berdua maksimal pengeluaran adalah 220 ribu plus pajak. Disini Anda sudah dapat menikmati aneka daging yang harus Anda panggang sendiri diatas panggangan yang tersedia diatas meja. 

Harga sudah termasuk nasi putih, sup, kimchi, sayur, minuman es teh atau teh hangat, lemon tea, atau air putih dan dessert ice cream. Uniknya, Anda dapat mengambil daging ataupun makanan dan minuman yang tersedia sekuat kemampuan makan Anda. Hanya perlu diingat, ambil sewajarnya, bila Anda mengambil berlebihan dan tidak habis disantap Anda akan dikenakan denda.

Akibat persaingan bisnis rumah makan "AYCE", akibatnya terjadi perang harga. Penulis pernah menemukan harga dibawah 99 ribu per kepala. Namun Anda perlu waspada, mungkin kualitas daging dan makan minum yang tersedia berbeda. Dalam dunia kuliner ada istilah 'ada harga ada rupa'.

Untuk menikmati kuliner khas Korea, seperti artis kesayangan Anda dalam drakor tidak perlu mahal asal Anda jeli.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x