Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Jangan Takut Berbuat Salah

20 Februari 2021   15:13 Diperbarui: 20 Februari 2021   15:17 75 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Takut Berbuat Salah
Kesalahan (sumber: topbrand-award.com)

Kalau Anda mau jujur, siapkah di antara Anda yang tidak pernah berbuat salah? Sepanjang sejarah kehidupan manusia, senantiasa diketemukan banyak kesalahan yang terjadi dan dilakukan.

Uniknya, sebuah pekerjaan besarpun tidak luput dari kesalahan. Contohnya, pembangunan Menara Pisa di Italia. Menara yang waktu pembangunannya memerlukan waktu lebih dari 100 tahun ini, mulai dibangun pada 1173 namun sempat dihentikan karena diketemukan kesalahan. Tetapi akhirnya pembangunan dicoba dilanjutkan dengan harapan dapat memperbaiki kesalahan yang telah terjadi, namun hingga selesainya menara itu tetap berbentuk miring. Dan uniknya malah menjadi obyek wisata yang terkenal.

Sama halnya dalam proses pembuatan menara Pisa, dalam perjalanan hidup manusia Anda pasti pernah berbuat kesalahan. Namun Anda harus maju terus dan tidak berkecil hati lalu hanya menyesal tak henti-hentinya. Sebaliknya, dengan adanya kesalahan itu Anda mampu lebih berhati-hati untuk pekerjaan selanjutnya dan segera melakukan rencana perbaikan. Dengan semangat memperbaiki, akan  mengubah Anda menjadi pribadi yang lebih baik. Penyesalan yang berkepanjangan justru tidak ada manfaatnya. Karena Anda hanya berdiam diri dan tidak melakukan langkah koreksi apapun.

Apakah Anda pernah berbuat kesalahan dan berhasil memperbaikinya? Pelajaran apa yang Anda peroleh dari kesalahan ini?
Ketika berbuat salah, akuilah dengan rendah hati kesalahan itu, lalu berusaha untuk memperbaikinya dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x