Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Rumus Zero Covid

15 Januari 2021   18:36 Diperbarui: 15 Januari 2021   18:58 143 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rumus Zero Covid
Pencegahan Covid (sumber: ayobekasi.com)

Selama ini himbauan untuk protokol kesehatan yang selalu didengung-dengungkan adalah 3M, yakni Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak. Beberapa tenaga kesehatan mengatakan 3M saja belum cukup. Kini bahkan muncul rumus zero Covid-19 yakni 3M + 3T - 3K =0.

Anda sudah tahu artinya?

Bila belum, baiklah akan dijabarkan berikut ini, selain mematuhi 3M, Anda harus melakukan 3T yakni Testing, Tracing dan Treatment. Testing adalah melakukan pengujian sedini mungkin apakah Anda sudah terpapar Covid-19 atau belum. Lakukan test yang paling sederhana yakni rapid test antibodi, test swab antigen hingga yang paling presisi adalah test swab PCR.

Bila Anda pada saat test dinyatakan positive Covid-19, maka Anda harus segera melakukan Tracing yakni melacak orang-orang yang sering berdekatan atau berdiam satu rumah. Pada mereka harus dilakukan test juga untuk mengetahui kontak terdekat Anda ikut terpapar atau tidak.

Setelah itu baru lakukan Treatment, yakni perawatan terhadap korban Covid-19, bila parah harus dibawa ke rumah sakit. Yang termasuk parah adalah bila sudah sesak nafas berat yang mengharuskan pernafasan dibantu ventilator. Bila gejala masih ringan, misal indera penciuman dan perasa hilang, korban cukup melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dengan banyak mengkonsumsi vitamin guna meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini nengingat rumah sakit sudah mulai penuh alias tidak memiliki kamar rawat.

Dengan melakukan 3T, maka rantai penularan Covid diharapkan dapat diputus.

Lalu 3K yang harus dikurangi adalah Menghindari Kerumunan, Menghindari Kamar tertutup dan Menghindari Kontak dengan orang terdekat (keluarga atau teman).

Selain yang merumuskan rumus zero Covid, ada lagi tenaga kesehatan yang menyarankan 3M + 3T + 3K. Hanya K disini bukan yang harus dihindari, melainkan yang harus dilakukan. Yang pertama, Kaji informasi, artinya Anda harus menyaring berita-berita mengenai Covid-19 agar Anda tetap tabah dan tenang dan tidak berubah menjadi paranoid. Yang kedua, Kelola Emosi, agar tubuh Anda memiliki sistem imun yang kuat kondisi Anda harus selalu gembira, jangan diliputi stress. Dan yang ketiga, Kembangkan sumber daya, artinya selama dirumah saja, Anda jangan sampai stress, namun harus dapat nengembangkan hobi, seperti memasak, berkebun, menulis, membaca bahkan memelihara ikan. Intinya lakukan hal-hal yang produktif meski di rumah saja.

Selain dua rumus diatas, kini banyak bermunculan slogan 5M, artinya melakukan 3M dengan ditambah 2M yang baru yakni Menghindari Kerumunan dan Mengurangi Aktivitas diluar rumah. Mungkin sejak 13 Januari 2021 setelah pencanangan vaksinasi akan bertambah lagi menjadi 6M dengan ditambahkan Mau (bersedia) di vaksin. Tentunya bila Anda sudah mendapatkan SMS dari Peduli Covid.

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda dengan istilah-istilah yang banyak bermunculan di masyarakat. Salam sehat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x