Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Lakukan Aktivitas Positif di Pagi Hari

3 Desember 2020   07:43 Diperbarui: 3 Desember 2020   07:45 41 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lakukan Aktivitas Positif di Pagi Hari
Membaca buku (sumber: sfidnfits.com)

Sebagai manusia normal sangat wajar bila setiap hari Anda dipenuhi kesibukan, kewajiban dan tanggung jawab, dan seringkali Anda seakan-akan Anda dikejar waktu.  Untuk itu Anda harus memanfaatkan waktu dengan aktifitas yang menyenangkan dan produktif, yang lazimnya dilakukan pada pagi hari.

Sebuah penelitian oleh seorang guru besar psikologi di Australia membuktikan bahwa melakukan aktifitas positif secara rutin akan menimbulkan kebiasaan yang sehat dan otomatis kebiasaan itu dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan.
Sebaiknya orang bangun pagi untuk berolahraga, berjalan kaki santai di sekitar rumah, membaca buku dan aktifitas lainnya. Saya pribadi mengawali hari dengan kebiasaan jalan kaki santai setelah bangun tidur.

Bagaimana sebaiknya Anda memulai harinya?

Meski Anda memiliki hari yang sibuk, namun sebelum Anda memulai harinya yang sibuk itu, Anda tetap memiliki waktu bersama dengan keluarga. Anda bersama keluarga dapat mengawali dengan shalat subuh bagi kaum muslim atau berdoa bersama dan membaca kitab suci bagi kaum Nasrani serta berdoa bersama bagi pemeluk agama dan kepercayaan lainnya. Yang lalu bisa dilanjutkan dengan olahraga ringan di dalam atau di luar rumah.

Dengan berdoa akan membuat Anda merasa lebih tenang dan damai. Kebiasaan berdoa juga akan membantu Anda membuat keputusan yang benar dan bijak. Dan Anda dapat menjalani seluruh hari secara maksimal.

Khususnya selama era pandemi ini, Anda bersama keluarga dapat melakukan aktifitas positif meski lebih sering berada di rumah. Kegiatan positif yang dapat dilakukan diantaranya meningkatkan ibadah (Iman), membaca buku atau menulis, membersihkan rumah (Aman), berolahraga di dalam rumah, memasak makanan sehat (Imun) dan menonton di rumah. Dengan kegiatan positif ini Anda dan keluarga sudah menerapkan konsep Iman, Aman dan Imun. Salam sehat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x