Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mempertahankan Tradisi

22 November 2020   20:24 Diperbarui: 22 November 2020   20:50 6 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mempertahankan Tradisi
Tradisi (sumber: indoxone.id)

Tradisi adalah kebiasaan yang telah berlangsung bertahun-tahun dan terus diikuti atau dilaksanakan hingga era modern. Misalnya tradisi mitoni atau tingkeban di Jawa, dimana dilakukan upacara pada saat kandungan wanita hamil mencapai usia tujuh bulan.

Di Jepang juga ada ritual bunuh diri yang masih dapat diterima sebagai bentuk permintaan msaf atas suatu kesalahan berat atau memalukan, dan tidak dapat digolongkan sebagai suatu kesalahan. Tradisi ini sudah berakar kuat pada karakter bangsa Jeoang.-

Meski pada era modern ada agama tertentu yang melarang melakukan tradisi yang dianggap menyembah berhala. Sebagai contoh tradisi ziarah kubur pada kalangan masyarakat Tionghoa yang masih menggunakan hio sering dianggap salah. Padahal tradisi ini hanya menyatakan penghormaran pada leluhur atau orang tua dan bukan suatu bentuk penyembahan.

Banyak tradisi pada masyarakat Tionghoa yang penuh makna, misalnya jumkah jenis makanan yang harus disajikan pada malam Imlek harus 7 hingga 9 jenis nasakan yang umumnya melambangkan kedekatan keluarga, kekayaan dan kebahagiaan. Tradisi boleh dijalankan asalkan jangan sampai memaksakan diri harus disesuaikan dengan kemampuan masing- masing. 

Tradisi makan bersama kue tiong tjioe pia atau kue bulan pada reuni keluarga juga baik untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota keluarga, tradisi makan bakxang pada festival Pehcun juga menandakan keakraban keluarga. Demikian pula makan ronde pada festival ronde.

Antara menjalani kehidupan kekinian dan menghornati suatu tradisi hendaknya tidak perlu dipertentangkan. Kita sebaiknya tetap menghormati dan mempertahankan tradisi asalkan tidak terlalu mempengaruhi kehidupan kita, tradisi boleh dilakukan sewajarnya
Tradisi tidak selalu benar meski sudah berusia bertahun-tahun, jadi lakukan secara bijak.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x