Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pilahlah Informasi Secara Selektif

15 November 2020   06:00 Diperbarui: 15 November 2020   06:10 64 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pilahlah Informasi Secara Selektif
Selektif (sumber: nusantaranews.co)

Kepribadian dan pola pikir Anda terbentuk dari hal-hal  yang Anda lihat dan alami. Buku apa yang Anda baca, musik apa yang  Anda dengar msupun film apa yang Anda tonton nantinya akan membentuk kepribadian Anda. 

Sebuah penelitian membuktikan bahwa anak-anak yang mendengarkan musik heavy metal rock secara tutin, cenderung memiliki perilaku yang nakal dan kurang baik dibandingkan anak-anak yang mendengarkan musik.lain atau sama sekali tidak mendengsrkan musik.

Penelitian lain mengungkapkan orang yang gemar menonton film kekerasan dengan adegan penuh darah akan membentuk sifat psikopat yang membuat mereka berperilsku keras, sulit berkonsentrasi, sulid bergaul dan paranoid.

Sebaiknya tiap hari Anda memperbaiki diri agar mampu membedakan hal yang baik bagi kehidupan Anda. Di era informasi  ini Anda dapat engan mudah mengakses informasi apapun dari internet. Namun Anda harus mampu menyaring secara selektif informasi apa yang akan membangun kehidupan Anda. Ada informasi yang benar dan ada informasi hoaks.

Informasi akan membentuk pola pikir Anda, pola pikir itu akan menentukan sikap dan tindakan Anda, dan tindakan yang dilakukan berulang lama kelamaan akan membentuk karakter Anda.

Itulah sebabnya Anda harus mampu secara bijak menerima informasi yang membangun bagi kehidupan Anda. Sebaiknya Anda membaca buku dan menonton film yzng positif.

Dalam kehidupan ini Anda harus memiliki panduan yang baik dan benar guna menuntun hidup Anda tiap saat.

Karena Anda akan terbentuk oleh apa yang Anda baca, lihat dan dengar maka bertindaklah bijak dalam memilih informasi yang akan masuk dalam pikiran atau otak Anda.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x