Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Purna tugas - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Telepon Cerdas? Saya Pilih Android, Mengapa?

15 Oktober 2020   12:31 Diperbarui: 15 Oktober 2020   12:33 188
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Telepon Cerdas (sumber: waspada.co.id)

Saat muncul telepon cerdas rilis baru, pasti banyak  teman yang bertanya, mana lebih bagus telepon cerdas berbasis Android atau iOS?

Bagi saya keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau saya memilih Android. Bukannya saya sebagai influencer produk telepon cerdas berbasis Android. Saya memilih Android karena saya melihat Android memiliki fleksibilitas dan kemudahan. Apalagi saya menggunakan telepon cerdas lebih banyak untuk sarana komunikasi, browsing dan mengakses media sosial saja. Dan yang terpenting kantong saya lebih cocok dengan telepon cerdas berbasis Android, seperti Samsung, Huawei, Xiaomi, Vivo Oppo atau Sony.

Meski tidak menggunakan telepon cerdas berbasis iOS tetapi saya sering mengamati dan mengagumi telepon cerdas berbasis iOS yang digunakan keponakan saya.

Berdasar pengamatan saya telepon cerdas berbasis iOS memiliki beberapa keunggulan terhadap telepon cerdas berbasis Android, karena memiliki proses update yang lebih baik, adanya dukungan eksklusif dari AppleCare dan memiliki fitur keamanan sangat tinggi.

Bagi warga senior seperti saya menggunakan telepon cerdas berbasis iOS terasa lebih rumit, misal untuk memindahkan data dari perangkat lain harus melalui aplikasi iTune.

Menurut pengamatan saya, iOS memiliki tingkat optimalisasi yang lebih tinggi dibanding OS lain. Hampir semua aplikasi atau perangkat dapat berjalan lancar, cepat, sedikit masalah dan mampu diandalkan.

Hal ini disebabkan iOS dikembangkan sendiri oleh Apple Corporation. Berbeda dengan Android yang dikembangkan secara  keroyokan, akibatnya iOS lebih stabil dan terkendali. Kualitas aplikasi   game pada iOS tampak lebih unggul dan grafisnya lebih sempurna.

Saya memilih telepon pintar berbasis Android karena pemakaiannya mudah seperti menggunakan notebook dan komputer pribadi biasa. Apalagi OS Android bersifat terbuka dan fleksibel, karena sistemnya terintegrasi dengan Google dan seakan-akan sudah menjadi standar sebuah telepon cerdas.

Menurut pandangan saya, telepon cerdas berbasis iOS lebih tepat bagi mereka yang mengutamakan kestabilan dan kinerja optimal serta performa untuk game, musik dan film.

Nah, sekali lagi bila saya ditanya mana yang lebih bagus, saya secara jujur akan menjawab tergantung telepon cerdas mau digunakan untuk keperluan apa. Beli sesuai kebutuhan Anda dan tentunya yang harganya sesuai kocek Anda. Karena secanggih-canggihnya telepon cerdas berapa persen fitur yang telah Anda manfaatkan. Belanjalah secara bijak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun