Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Bersyukurlah Senantiasa

12 Juli 2020   08:23 Diperbarui: 12 Juli 2020   08:23 25 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bersyukurlah Senantiasa
Ilustrasi rasa syukur (sumber: 123rf.com)

Perasaan bahagia akan lebih sering muncul bila Anda selalu bersyukur. Ucapan syukur tiap hari membuat seseorang lebih bersemangat, optimis, memiliki determinasi dan energi. 

Sebuah penelitian bahkan melaporkan bahwa sering bersyukur mampu mengurangi tingkat stress dan depresi, lebih senang menolong orang lain, lebih gemar berolah raga dan mampu mencapai tujuan hidupnya.

Bersyukurlah terhadap sesuatu yang sudah Anda miliki, meski hal-hal yang bersifat biasa. Bersyukur tidak harus menunggu terjadinya sesuatu yang besar atau istimewa. Misalnya mendapat promosi jabatan, mendapat fasilitas mobil dari kantor, memperoleh jodoh atau mendapatkan momongan.

Yang lebih ekstreem, saat Anda sedang menderita sekalipun, Anda tetap.wajib bersyukur. Karena derita atau cobaan bermanfaat untuk menempa diri Anda agar lebih kuat, lebih dewasa  membentuk karakter dan mau dekat dengan yang maha Kuasa. 

Dari pengalaman hidup, tidak ada orang yang jatuh atau gagal akibat penderitaan, justru banyak orang yang jatuh gara-gara sukses. Banyak orang menjadi sukses setelah mengalami penderitaan. 

Contohnya banyak pemimpin negara yang di masa mudanya pernah hidup susah termasuk mengalami dibuang ketempat yang penuh penderitaan.

Jadikan kebiasaan dalam mengucap syukur. Mengucapkan rasa terima kasih atas bantuan orang-orang didekat Anda, termasuk orang-orang yang Anda gaji, seperti sopir, asisten rumah tangga, security atau tukang sampah. Apapun yang Anda peroleh patut disyukuri sebagai suatu pemberian dalam hidup Anda.

Dengan selalu bersyukur, Anda akan senantiasa merasa cukup. Bersyukur berarti Anda mengucapkan terima kasih atas segala pemberian yang Anda dapatkan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x