Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Hari Gini Belum Punya Akun Facebook?

27 Juni 2020   18:32 Diperbarui: 27 Juni 2020   18:30 19 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hari Gini Belum Punya Akun Facebook?
Logo Facebook (sumber: xda.developers.com)

Bila Anda bertanya apa sosial media yang tertua didunia, pasti semua orang akan menjawab Facebook. Facebook makin berjaya ketika berhasil mengakuisisi Whatsapp dan Instagram.

Bahkan bila ada orang pada hari ini belum memiliki akun Facebook, ia akan dibully oleh teman-temannya. Facebook adalah media sosial yang dapat mempertemukan orang yang terpisah oleh daratan dan lautan. Saya berhasil menemukan teman di kota lain di Indonesia bahkan teman yang tinggal di Amerika Serikat, Kanada atau New Zealand berkat jasa Facebook.

Untuk bergabung dengan Facebook, Anda mengunduh aplikasi Facebook dari Play Store (Android) atau App Store (iOS). Lslu melakukan registrasi dengan alamat surat elektronik dan password. Lalu Anda menautkan pertemanan dengan teman-teman Anda diseluruh dunia, bisa Anda yang mengundangnya atau sebaliknya Anda yang diundang. Bila Anda diundang Anda wajib melakukan langkah penerimaan (Accept). Sebaliknya,Anda juga dapat menghapus pertemanan. Hal ini yang sempat heboh saat menjelang Pilpres, banyak pertemanan yang saling menghapus gara-gara paham politik yang berbeda. Istilahnya "Unfriend".

Melalui Facebook, Anda dapat menuliskan apa saja bak menulis pada buku harian, bedanya tulisan ini dapar dibaca oleh teman-teman Anda. Anda juga dapat melengkapi tulisan dengan foto atau video. Karena tulisanmu adalah harimaumu, jadi berhati- hatilah dalam menuliskan suatu tulisan. Bisa saja Anda masuk penjara bila menuliskan tullsan yang bersifat melanggar hukum.

Selain tulisan yang bersifat pribadi / personal, Facebook memiliki dua fasilitas yang hampir sama yakni Pages dan Groups. Pages lebih ditujuksn untuk bisnis dimana Anda dapat mengumpulkan oeang-orang yang memikiki kegemaran atau minat yang sama. Sedangkan Groups lebih ditujukan untuk komunitas yang minatnya berbeda tetapi memiliki kemauan untuk berkumpul.

Pada fitur Notification, Anda dapat membaca atau melihat tulisan / foto / video kiriman teman-teman Anda. Pada fitur Marketplace Anda sapat memanfaatkan untuk membuka toko virtual. Juga ada fitur Watch yang khusus untuk melihat video-video yang dikirimkan ke Facebook.

Banyak fasilitas Facebook lainnya yang perlu Anda pelajari lebih lanjut. Namun sebagai awal perkenalan Facebook tulisan ini sudah cukup memadai.

Yang terpenting, berhati-hatilah dalam bersosial media karena sekarang HRD sebuah perusahaan sering mengintip celoteh Anda di media sosial.

VIDEO PILIHAN