Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Lebih Akrab dengan Twitter

27 Juni 2020   14:35 Diperbarui: 27 Juni 2020   14:36 14 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lebih Akrab dengan Twitter
Logo Twitter (sumber: techtudo.com)

Salah satu media sosial yang populer adalah Twitter. Diduga terinspirasi dari sms (short message service) pada ponsel, maka Twitter memiliki batasan jumlah karakter. Kalau tidak salah saat ini jumlah karakter yang boleh dimasukan sekali cuitan adalah 140 karakter. Bila jumlah karakter melebihi batas maka Anda tidak dapat mencuit sebelum Anda mengurangi jumlah karakter.

Cuitan pada Twitter pada umumnya berisi promosi dagang, komentar usil dari seseorang khususnya masalah sosial politik. Karena jumlah karakter yang tidak terlalu panjang, orang yang kurang pandai menulis lebih menyenangi menggu nakan Twitter sebagai media sosial.

Untuk dapat menggunakan Twitter, pertama kali Anda harus mengunduh aplikasi Twitter melalui Play Store (Android) atau App Store (iOS). Setelah Anda mengunduh aplikasi Twitter, Anda harus melakukan registrasi dengan memasukkan ID dan password.

Setelah Anda terregistrasi Anda mulai dapat mengetikkan sejumlah karakter untuk dicuitkan melalui fasilitas Tweet. Cuitan Anda ini akan menyebar melalui sosial media Twitter khususnya kepada rekan-rekan yang sudah melakukan Follow pada akun Twitter Anda.

Bila Anda menyukai cuitan seseorang Anda dapat melakukan "share" alias menyebarkan ke rekan-rekan Anda baik hanya membagikan saja atau ditambah komentar.

Selain 'Share', Anda juga melakukan 'Retweet' yaitu sekedar menyebarkan ulang cuitan seseorang.

Atau bila Anda sekedar menyukai cuitan zeseorang, Anda dapat menandai dengan "like".

Dengan Twitter selain mengirimkan berita berupa teks, Anda juga dapat mengirimkan foto.

Twitter juga dapat untuk mempromosikan event yang akan Anda adakan misal webinar atau mempromosikan tulisan Anda atau memberi komentar terhadap isi pembicaraan seorang nara sumber, agar event lebih banyak diketahui orang. Bila jumlah cuitan dengan tagar (hashtag) yang sama cukup banyak pada suatu saat bersamaan, mska topik bahasan ini dapat menjadi trending topic.

Tanggung jawab isi cuitan berada pada penulis, jadi berhati-hatilah jangan menulis sembarangan karena Anda dapat terancam tuntutan pencemaran nama baik dari seseorang yang tidak menyukai cuitan Anda.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x