Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Mari Bertanya pada Paman Google

27 Juni 2020   07:33 Diperbarui: 27 Juni 2020   17:57 13 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mari Bertanya pada Paman Google
Logo Google Search (sumber: flickr milik Mark Verch)

Dulu, bila Anda ingin bertanya tentang sesuatu hal, Anda harus mencari seseorang yang memiliki pengetahuam umum paripurna. Sekarang hal bertanya sudah jauh lebih mudah, orang tua yang saat menemani anaknya belajar bila ada pertanyaan dari sang anak tinggal menggunakan mesin pencari (search engine). Salah satu mesin pencari yang paling populer adalah Google Search yang dikembangkan oleh Google Corporation.

Bila Anda menggunakan komputer personal (PC), notebook, tablet maupun smartphone, Anda dapat langsung menggunakan mesin pencari Google Search ini. Itulah sebabnya sering muncul jargon "mau bertanya  tanyalah pada paman Google", maka Anda tak akan sesat dijalan.

Cara menggunakannya sangat mudah, Anda cukup mengetikkan kata yang mau ditanyakan , jawaban  dapat berupa All, Images, News,  Videos, Maps, dan Shopping.

All artinya semua hal tentang kata yang Anda tanyakan akan muncul semua, baik berupa gambar, berita maupun video. Images artinya Anda hanya ingin mencari gambar atas kata yang Anda tanyakan. News artinya Anda ingin mencari berita, artikel atau tulisan dari kata yang Anda cari. Videos bila Anda ingin mendapatkan video tentang kata yang Anda tanyakan. Maps artinya Anda akan mencari peta atas kata yang Anda cari. Sedangkan Shopping akan memunculkan dimana barang tersebut dapst dibeli sekaligus dengan harganya.

Makin lengkap kata kunci yang Anda masukkan GooglecSearch akan menyajikan jawaban  yang lebih akurat. Misal Anda memasukkan kata kunci "Rudy Hartono"  maka semua tentang sang juara bulu tangkis ini akan dimunculksn. Namun bila Anda memasukkan kata kunci "Rudy" maka yang muncul semua orang bernama Rudy termasuk presiden RI ketiga B.J. Habibie yang memiliki nama panggilan "Rudy".

Bila Anda memasukkan kata kunci "Semarang" maka semua hal tentang kota Semarang akan ditampilkan dari berita-berita, foto, video bahkan peta kota Semarang.

Nah, bagi Anda yang sering menerima  pertanyaan dari anak Anda saat mereka sedang belajar dari rumah, jangan kawatir mintalah bantuan pada paman Google niscaya dalam sekejap puluhan jawaban akan tersaji untuk Anda. Selamat bertanya!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x