Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"Bombshell", Skandal Seksual di Dunia Media

10 Januari 2020   19:13 Diperbarui: 10 Januari 2020   19:18 67 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Bombshell", Skandal Seksual di Dunia Media
Kayla anchor berita baru (sumber: imdb.com)

Film ini merupakan kisah nyata terungkapnya skandal di dunia media. Keberanian beberapa wanita yang mampu mengungkap pelecehan seksual yang pernah dilakukan CEO Fox News, Roger Ailes.

Pelecehan seksual adalah perbuatan keji yang dilakukan oleh seorang pria pada umumnya bila dia memiliki kekuasaan di atas si wanita, contoh antara atasan dan bawahan. Pelecehan seksual dapat berupa tindakan fisik seperti meraba bagian tubuh sensitif, memeluk dan mencium secara paksa atau memaksa seorang wanita untuk menanggalkan busananya. Namun tindakan seperti memelototi tubuh wanita yang masih berpakaian utuh, juga sudah tergolong pelecehan seksual.

Pelecehan seksual dapat terjadi dimana saja, di jalanan umum, pada kendaraan umum yang penuh sesak seperti kereta api dan bis, dan khususnya pada ruangan-ruangan tertutup milik boss perusahaan tertentu. Bahkan pelecehan seksual di kantor sering dilakukan tanpa harus mengunci ruangan, karena siapapun tidak akan berani langsung menyelonong masuk ke ruangan atasan. Pelecehan seksual dapat terjadi pada karyawan lama yang dicari-cari kesalahannya, bila si wanita menghindari tindakan pelecehan seksual akan mendapat ancaman dikeluarkan dari pekerjannya dan terutama pada karyawan baru saat proses penerimaan karyawan berlangsung.

Kasus pelecehan seksual jarang terungkap karena biasanya si wanita yang menjadi korban pelecehan seksual akan merasa malu bila aibnya terungkap, ketahuan pacar atau suaminya yang dapat berdampak perceraian, malu kepada keluarga dan komunitasnya karena menganggap dirinya sudah kotor, akibatnya para pria yang gemar melakukan pelecehan seksual makin bersemangat menjalankan tindakan bejatnya. Ironisnya, pria yang gemar melakukan pelecehan seksual sanggup bersandiwara manis dihadapan isterinya, seolah seorang pria yang setia dan selalu menyayangi isterinya.

Pelecehan seksual mudah terjadi di dunia media khususnya pertelevisian, karena salah satu persyaratan untuk menjadi anchor pembawa berita adalah wanita cantik, bertubuh proporsional yang nyaris sempurna, memiliki kaki jenjang nan mulus dan berotak encer untuk mampu mengolah berita.

Adalah suatu masa 2015-2016 tiga pembaca berita di Fox News yakni Megyn Kelly (Charlize Theron), Gretchen Carlson (Nicole Kidman) dan Kayla Pospisil (Margot Robbie) sedang meniti karier di Fox News.

Tiga anchor berita (sumber: imdb.com)
Tiga anchor berita (sumber: imdb.com)

Ketiga anchor berita ini rupanya memiliki rahasia yang sama, yakni pernah mengalami pelecehan seksual dari CEO Fox News, Roger Ailes (John Lithgow). Carlson dipecat karena dianggap tidak sejalan dengan visi atasannya. Saat Carlson dipecat dari pekerjaannya, ia menuntut Ailes. Tuntutan ini tidak mampu menggoncang posisi Ailes.

Saat Megyn turut buka suara dan membantu Carlson mencari korban pelecehan seksual lainnya. Hal ini membuat Kayla anchor terbaru juga berani bersaksi, hingga pengacara Carlson bersemangat membawa kasus ini ke ranah hukum, maka gemparlah dunia media.

Keberanian Carlson memicu rekannya mengungkap skandal (sumber: hollywoodreporter.com)
Keberanian Carlson memicu rekannya mengungkap skandal (sumber: hollywoodreporter.com)

Rupert Murdoch selaku pemilik Fox News akhirnya memaksa Ailes untuk mengundurkan diri dari jabatannya selaku CEO Fox News. Murdoch dan ke dua puteranya terpaksa turun tangan guna menaikkan kembali citra Fox News yang langsung terpuruk gara-gara terungkapnya skandal pelecehan seksual yang terjadi di perusahaannya.

Dengan menyaksikan film ini, Anda akan memahami kesibukan ruang redaksi, proses kegiatan penyiaran dan konflik di belakang layar yang terjadi pada sebuah stasiun berita.

Film ini menerima banyak kritik positif meski secara keseluruhan bersifat datar, tanpa kejutan yang berarti dari awal hingga akhir film. Uniknya, dua aktrisnya berhasil mendapatkan nominasi untuk menjadi Best Actress - Drama (Charlize Theron) dan Best Supporting Actress (Margot Robbie) pada Golden Globe Awards 2020. Namun ke duanya gagal meraih gelar pada pesta Golden Globe Awards 2020. Award Best Actress diraih oleh Renee Zellweger melalui film "Judy", sedangkan award Best Supporting Actress jatuh ke tangan Laura Dern dalam film "Marriage Story".

Film "Bombshell"  sudah bisa disaksikan di bioskop-bioskop Indonesia sejak 4 Januari 2020 (midnight show). Merupakan film yang patut ditonton oleh para penggemar film drama. Selamat menonton !

Data Film

Genre: Drama
Produser: Jay Roach, Charles Randolph, Margaret Riley, dkk
Produksi: Bron Creative, Annapura Pictures, Denver & Delilah Pictures
Sutradara: Jay Roach
Penulis: Charles Randolph
Artis : Charlize Theron, Nicole Kidman, Margot Robbie, John Lithgow, Kate McKinnon, Connie Britton
Musik : Theodore Shapiro
Durasi : 108 menit
Rating: 17 tahun ke atas

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x