Mohon tunggu...
sutan kahfi alif widianto
sutan kahfi alif widianto Mohon Tunggu... mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret

Mahasiswa FK UNS 2017

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Program KKN UNS Cegah Covid-19 Menyasar Pelajar dan Masyarakat

4 Juli 2020   09:30 Diperbarui: 4 Juli 2020   09:21 13 0 0 Mohon Tunggu...

(Solo, 31/4/20), Universitas Sebelas Maret Surakarta mengambil langkah nyata untuk ikut serta dalam penanggulangan COVID-19 di Indonesia melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan mengusung tema KKN UNS tanggap wabah COVID-19  yang resmi dimulai saat pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Batch I. Kegiatan KKN UNS tanggap wabah COVID-19 dilaksanakan secara bertahap. Mahasiswa yang telah mendaftar KKN COVID-19 akan diterjunkan sesuai dengan domisili mahasiswa dengan tetap mengutamakan keamanan dan kesehatan mahasiswanya.

Sutan Kahfi Alif Widianto (21), mahasiswa program studi kedokteran Fakultas Kedokteran UNS dengan NIM G0017202 didampingi dan dibimbing oleh dosen UNS, N Dr.Sc.Agr. Rahayu, S.P., M.P dalam melaksanakan kegiatan KKN di wilayah RT 04 RW 14, Kelurahan Kerten, Kecamatan Laweyan, Surakarta.

KKN UNS tanggap wabah COVID-19 yang dilaksanakan Sutan di lingkungan RT 04/14, Kerten, Laweyan, Surakarta mengambil fokus pada peningkatan pengetahuan masyarakat dan pemberdayaan pelajar sebagai agen edukator COVID-19 di rumah. Program KKN tersebut berlandaskan potensi pelajar yang dapat membantu menyebarkan informasi tentang COVID-19 dan masih banyaknya masyarakat di lingkungan tempa tinggal Sutan yang beraktivitas tanpa mematuhi protokol kesehatan.

Sutan berkoordinasi dengan OSIS/MMPK dan pengurus RT 04/14, Kerten, Laweyan, Surakarta dalam pelaksanaan KKN tersebut.

"Saya bekerjasama dengan pengurus OSIS/MMPK SMA N 1 Surakarta dan SMA N 6 Surakarta untuk pembentukan kader pelajar, koordinasinya lewat grup WA buat share informasi dan tanya jawab sementara untuk di lingkungan RT saya bekerja sama dengan pengurus RT" katanya.

Kegiatan yang dilakukan diantaranya pembuatan media informasi COVID-19, pembentukan relawan pelajar sebagai agen edukator COVID-19 di lingkungan keluarga, penyebaran kuesioner dan edukasi masyarakat mengenai COVID-19, penyediaan APD, handsanitizer, dan tempat cuci tangan di lingkungan sekitar serta membantu perkuliahan daring selama COVID-19. Meskipun dampak yang dihasilkan tidak cukup besar, namun kegiatan KKN ini diharapkan dapat membantu pemerintah dan masyarakat sekitar dalam mengurangi dampak dari COVID-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x