Mohon tunggu...
Susiyanti
Susiyanti Mohon Tunggu... Guru - Guru

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Permainan Halang Rintang

6 Desember 2022   14:30 Diperbarui: 6 Desember 2022   14:36 241
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Permainan Halang Rintang menurut Pramuka (2009), merupakan suatu bentuk permainan dengan menggabungkan beberapa jenis permainan gerak, sehingga menjadi satu kesatuan.

Bermain Halang Rintang bisa dimulai dari belajar menggabungkan benda-benda, furnitur, hingga mebel untuk membuat rintangannya, kemudian merapikannya kembali seperti semula.

Ketika dimainkan anak-anak, maka mereka akan merasa tertantang untuk berdiskusi, bergerak, berpikir dan melewati rintangan untuk sampai ke finish. Permainan kreatif ini bisa jadi solusi mainan anak ketika ia merasa bosan. Selain itu, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Ismail (2009) juga mendefinisikan permainan sebagai suatu aktivitas yang membantu anak mencapai perkembangan yang utuh, baik secara fisik, intelektual, sosial, moral, dan emosional.

Selain menyenangkan dan menjadi olahraga, ternyata permainan halang rintang bermanfaat untuk melatih anggota tubuh lainnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun