Mohon tunggu...
Susi Nurtari
Susi Nurtari Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas garut

Jadilah org yg bermanfaat bagi org lain

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Keragaman Budaya Indonesia

27 April 2021   13:48 Diperbarui: 27 April 2021   14:00 37 2 1 Mohon Tunggu...

Keragaman budaya berpotensi akan memiliki beberapa kelemahan diantaranya yaitu kekurangan kepahaman dan komunikasi antar budaya yang terbatas akan menjadi pemicu konflik dengan keragaman etnis. agama maupun ras.

Bahkan keragaman di gunakan oleh provokator untuk sarana memancing suatu persoalan. Selanjutnya mentalitas bangsa yang di akibatkan oleh perjuangan kemerdekaan pada masa setelah revolusi.

Menimbulkan kelemahan nilai budaya dan sikap, diantaranya yaitu mentalitas yang meremehkan mutu.

Keanekaragaman budaya bangsa indonesia merupakan peluang pemersatu bangsa, di antaranya berbagai kelompok etnis dan suku yang di persatukan karena pengalaman bersama pada masa lalu dalam menghadapi para penjajah,merupakan kekuatan agar bangsa akan tetap bersatu.

Untuk itu di berlakukan komunikasi dan interaksi yang dapat yang dapat membuat anggota masyarakat bangsa indonesia saling bekerja sama dan memiliki pengertian yang benar terhadap unsur budaya yang berbeda.

Sebagai alat komuniksai dan interaksi di butuhkan bahasa guna perekat antar anggota masyarakat.

Bahasa indonesia sebagai peluang untuk membangun dan mengembangkan budaya suku suku yang beragam dalam kebersamaan dan persatuan.

Penggunaan bahasa indonesia sebagai alat komunikasi antar suku tidak bermaksud menghilangkan bahasa daerah tetapi mempermudah seseorang mengenal dan merespon lingkungan sekitar.

Hal ini di harapkan dapat membangkitkan kebudayaan lokal bangsa indonesia, karena itu di perlakukan peran masyarakat indonesia terlebih khusus untuk para pemuda bangsa indonesia untuk mencintai dan melestarikan kebudayaan bangsa indonesia untuk menciptakan cita cita bangsa agar tetap menjaga keutuhan warisan nenek moyang.

Hal ini nantinya yang akan di lihat dan di akui oleh dunia internasional sebagai bangsa yang hidup dan tinggal di negara kepulauan yang memiliki budaya nusantara yang khas dengan harapan dapat menarik perhatian para wisata wisatawan/turis dari berbagai mancanegara untuk datang ke negara indonesia.

Sehingga, dapat meningkatkan devisa negara serta peluang bagi dunia usaha untuk tenaga kerja indonesia.

VIDEO PILIHAN