Mohon tunggu...
Susi atdriani
Susi atdriani Mohon Tunggu... Hoby menulis

Ilmu hukum Hoby menulis Membaca Badminton

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Semangat Pemuda Kebangkitan Indonesia

27 Oktober 2020   02:39 Diperbarui: 27 Oktober 2020   02:50 87 3 0 Mohon Tunggu...

Sumpah pemuda adalah momentum suatu pemersatuan,kesadaran nasionalisme yang memantik pergerakan nasional meraih kemerdekaan dan satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia/suatu bangsa yang adil dan terampil.

Bicara sumpah pemuda tidak jauh-jauh dari kata pemuda pulak, karena membangun suatu bangsa memerlukan pemuda dan pemudi yang mampu dan berani bangkit untuk mewujudkan cita-cita bangsa, menjunjung tinggi rasa percaya diri dan idialisme dalam suatu bangsa.

Seperti di dalam pidatonya Bung Karno yang terdapat suatu pesan atau kata-kata yang sangat terkenal dan menarik perhatian yaitu:

"Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia". 

Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncang dunia,yang berarti pemuda memiliki peranan yang sangat penting dalam kemajuan suatu bangsa,jika menginginkan bangsa maju,kaya dan cenderum akan keadilan,kita harus membangun dan menumbuhkan rasa idealisme dalam diri generasi muda.

Kemajuan suatu bangsa berada dalam genggaman generasi muda,maju atau tidaknya suatu bangsa tergantung bagaimana generasi mudanya,jadi kita sebagai generasi muda yang menginginkan kebangkitan bangsa juga harus memahami nilai-nilai dari sumpah pemuda yaitu :

 1. Mengutamakan kepentingan bangsa diatas kepentingan lainya.

2. Cinta tanah air dan bangsa dan,

3. Menerima dan menghargai perbedaan 

sebagai pemuda atau generasi muda harus ikut andil dalam kemajuan suatu bangsa,dengan cara mengutamakan kepentingan bangsa diatas kepentingan lainya seperti kepentingan pribadi,menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa dengan tidak membeda-bedakan antara yang satu dengan yang lainnya karena kita satu " Bhinneka Tunggal Ika"berbeda-beda tetapi tetap satu.

Indonesia memiliki beragam bahasa,budaya,suku bangsa dan banyak lainya,tetapi dengan bermacam-macam bahasa,suku,budaya dan ras Indonesia tetap satu dan harus satu seperti yang terdapat dalam isi sumpah pemuda yaitu:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x