Mohon tunggu...
Susanti Hara
Susanti Hara Mohon Tunggu... Seorang pendidik yang suka berkreasi

Pembelajar aktif yang senang untuk terus berpartisipasi dan berkreasi untuk memberikan warna pada kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

PON XIX dan PEPARNAS XV 2016: Momentum Mewujudkan Impian Jabar Kahiji

15 Desember 2015   05:18 Diperbarui: 15 Desember 2015   09:38 185 0 0 Mohon Tunggu...

Lebih dari 20 Blogger Kbandung –KompasianerBandung plus Kompasianer dari Surabaya, Jakarta, dan Purwakarta pada hari Senin, 07/12/2015, begitu antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Media Gathering Blogger Bersama PB PON (Pekan Olahraga Nasional) XIX dan PEPARNAS (Pekan Paralympic Nasional) XV 2016 Jawa Barat. Tujuan utamanya meninjau venue untuk Pekan Olahraga Nasional di tahun 2016.

[caption caption="Special gift, flashdisk media gathering – Dok. Susanti Hara"][/caption]Istimewanya, selain meninjau beberapa venue di UPI dan Gor Saparua, para blogger Kompasiana ini pun mendapatkan jamuan istimewa makan siang bersama Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan – Kang Aher.

[caption caption="Kompasianer menikmati hidangan khas Sunda bersama Kang Aher - Dok. Susanti Hara"]

[/caption]Meeting point atau titik temu awal kami adalah Gedung Sate. Sambil menunggu rekan lain yang belum datang, kami bisa menikmati keindahan pemandangan di area gedung. Dan tentunya, banyak pula Kompasianer yang sudah sibuk mengikuti kompetisi livetweet sebelum acara dimulai.

[caption caption="Kompasianer sibuk mengikuti kompetisi livetweet - Dok. Susanti Hara"]

[/caption]Setelah semua berkumpul, Kompasianer pun menaiki bus menuju tempat tinjauan pertama, yaitu: seluruh venue yang akan digunakan untuk Pekan Olah Raga Nasional nanti di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Di dalam bus sekalipun, selama perjalanan dari Gedung Sate menuju UPI, Kompasianer tetap sibuk meramaikan jejaring sosial twiter menggunakan tanda pagar (tagar) #BerjayadiTanahLegenda. Tagar ini berhasil menjadi trending topic, nilai plus tersendiri akan adanya kegiatan Kompasianer kali ini.

[caption caption="Sibuk nge-tweet meski di dalam bus - Dok. Susanti Hara"]

[/caption]Perjalanan dari Gedung Sate menuju Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sangat lancar. Setibanya di kampus pendidikan nomor satu di Bandung ini kami langsung memasuki gymnasium UPI. Pak Purno dari pihak UPI menyambut kami ramah sekaligus menceritakan mengenai ruangan gymasium yang sedang direnovasi.

[caption caption="Gymnasium UPI tampak depan - Dok. Susanti Hara"]

[/caption]Melalui penjelasan Pak Purno kami menjadi tahu banyak fungsi gymnasium UPI nantinya. Rencananya, ruangan gymnasium UPI akan menjadi lokasi pertandingan hoki indoor dan permainan taekwondo. Dalam ruangan ini pula nantinya akan dibangun fasilitas khusus untuk para difabel agar mereka yang memiliki keterbatasan mendapatkan kemudahan akses dan dapat menikmati semua fasilitas. Selain itu fasilitas khusus bagi para difabel ini berguna untuk mengantisipasi akan adanya PEPARNAS XV 2016.

[caption caption="Pak Purno dari pihak UPI menjelaskan penggunaan gymnasium UPI - Dok. Susanti Hara"]

[/caption]Venue gymnasium UPI berkapasitas 7.000 orang ini masih dalam proses persiapan. Renovasi tahap pertama, yaitu; menaikkan lantai lapangan indoor lantai 1 menjadi 2 tingkat, sekaligus konstruksi tangga agar sesuai dengan standar internasional. Lantai berukuran 33m X 55m ini sangat memenuhi standar internasional untuk cabang olahraga hoki dan taekwondo. Sedangkan pembangunan tahap kedua adalah menyelesaikan lantai 2 agar siap digunakan untuk pertandingan hoki.

Pihak UPI mengagendakan tahap pertama renovasi venue gymnasium UPI harus tuntas pada akhir Desember 2016. Apabila dana sudah ada maka lanjut pada tahap kedua dengan target semua beres tepat waktu sekitar Juni 2016. Ketika kami mengunjungi venue dalam gymnasium, ruangannya masih berdebu dan juga harus melewati tangga kecil dari kayu yang cukup curam untuk menuruni lantai di bawahnya sehingga harus hati-hati ketika melangkah.

[caption caption="Tangga kayu sementara di ruangan gymnasium UPI - Dok. Susanti Hara"]

[/caption]Dalam hal merenovasi semua venue, Gubernur Jabar sangat tinggi memberikan dukungan bantuan biaya renovasi. Fasilitas parkir dan kantin pun akan disediakan khusus untuk memenuhi semua kebutuhan selama kegiatan PON XIX dan PEPARNAS XV 2016 berlangsung. Parkir VIP ada 2 termasuk fasilitas kamar mandi. Toilet tersedia di masing-masing  Nantinya, gymnasium berlantai 3 ini akan memiliki 2 toilet VIP, 12 toilet di tiap blok dengan 4 kloset dan urinoir dengan total ada 48 kamar mandi.

Setelah tuntas menyampaikan informasi mengenai venue gymnasium, Pak Purno mengajak rombongan Kompasianer menuju lapangan softball putri. Serupa gymnasium, lapangan softball masih dalam tahap persiapan dan renovasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN