Mohon tunggu...
Apriana Susaei
Apriana Susaei Mohon Tunggu... Administrasi - senang menulis apa saja

sedikit pengalaman, kurang membaca, jarang belajar dari orang lain, banyak merenung dan senang menulis apa saja

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Minimalis dalam Berpakaian

11 Juli 2022   21:17 Diperbarui: 11 Juli 2022   21:23 545
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Pakaian di Lemari (Sumber: Pixabay/jarmoluk)

Minimalis dalam berpakaian saat ini kerap identik dengan gaya orang kaya. Tengok saja gaya Mark Zuckerberg atau Elon Musk saat menemui Presiden Jokowi tempo hari.

Gayanya yang sederhana berkaus oblong mungkin tampak sedikit mengecoh, padahal aset dan kekayaannya menggolongkan mereka sebagai orang super kaya di dunia. Mereka termasuk orang yang tidak mendewakan penampilan yang selalu rapi, memakai kemeja dan juga stelan jas. 

Saya teringat dengan Bob Sadino, pengusaha Indonesia yang selalu memakai celana pendek. Penampilannya minimalis dan sederhana. Bahkan, pakaiannya tidak mencermikan dia termasuk segelintir pengusaha kaya di Indonesia. 

Sejak dahulu, saya terbiasa membeli pakaian baru setahun sekali. Kebiasaan yang mungkin secara tidak sengaja dibentuk oleh orang tua, saat membelikan pakaian baru saat lebaran setahun sekali.

Kalaupun terpaksa harus membeli pakaian, saya harus mengeluarkan pakaian yang ada di lemari sejumlah pakaian yang saya beli. Di luar seragam pakaian dinas untuk ke kantor tentunya. 

Apabila tidak dikeluarkan atau disumbangkan, jumlahnya akan memenuhi lemari pakaian saya yang sudah minimalis. Sejak dahulu saya memang tak pernah mementingkan corak, warna, trend maupun gaya dalam berpakaian.

Jika di rumah, saya bahkan lebih nyaman dengan kaus oblong dan celana pendek. Bahkan kaus oblong itu saya beli di pasar loak, bekas tetapi bermerek. 

Saya merasa nyaman menggunakan kaus oblong, walaupun sedikit bolong tak pernah mengurangi kenyamanannya saat saya gunakan di rumah. Ditambah cuana panas di negara tropis ini membuat saya betah berlama-lama menggunakan kaus oblong.

Minimalis berpakaian saat pandemi

Sejak pandemi, gaya minimalis ini terus berlanjut. Bekerja di rumah, membuat saya lebih terbiasa menggunakan kaus oblong dan celana pendek. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun