Mohon tunggu...
Suryani
Suryani Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Inggris di SMPN 5 Toboali

Long life education

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengenalan TPACK dalam Pembelajaran

1 Desember 2022   10:30 Diperbarui: 1 Desember 2022   10:30 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam perkembangan ilmu pendidikan sekarang tidak lepas dari teknologi. Teknologi kini menjadi salah satu bagian dari kehidupan seharihari kita. Dalam dunia pendidikan pun teknologi sangat di penting dan banyak sekali manfaat yang dirasakan dalam proses pembelajaran. Di dalam pembelajaran sering kita dengar istilah TPACK. Apa itu TPACK? Bapak/Ibu guru pasti sudah tidak asing dengan sebutan ini. TPACK ( Technological Pedagogic Content Knowledge) merupakan pendekatan pembelajaran dengan mengintegrasikan perkembangan teknologi dan pedagogik untuk mengembangkan konten-konten dalam dunia pendidikan.

TPACK dilaksanakan dengan harapan mampu memberikan angin segar sekaligus arahan baru kepada pendidik terkait penggunaan teknologi untuk menunjang proses pembelajaran. Tentunya penggunaan teknologi ini diharapkan mampu menjadikan pembelajaran berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

Adapun unsurunsur dari TPACK itu sendiri yakni :

  • Pedagogical Knowledge (PK) atau Pengetahuan Pedagogik

Pada unsur ini, pengetahuan yang harus dikuasai guru dalam pembelajaran, seperti metode mengajar, pengelolaan kelas, perencanaan pembelajaran, penilaian kegiatan siswa, dan sebagainya

  • Content Knowledge (CK)

Dalam unsur ini berkaitan dengan substansi materi yang harus dikuasai guru dalam pembelajaran. Penguasaan materi seorang pendidik akan berpengaruh terhadap pemahaman siswa pada materi yang diajarkan.

  • Technology Knowledge (TK)

Pada unsur ini menjelaskan terkait pentingnya integrasi teknologi dalam pembelajaran. Teknologi yang ternyata bisa dimanfaatkan dalam proses komunikasi, pengolahan data siswa, kegiatan belajar, hingga alat untuk menunjang produktivitas guru.

  • Pedagogical Content Knowledge (PCK)

Di dalam unsur ini berfokus pada proses pembelajaran yang nantinya akan dipilih guru pada materi yang sedang diajarkan. Unsur PCK ini memuat tentang pemilihan metode mengajar, rencana pembelajaran, hingga fasilitas pendukung pembelajaran.

  • Technological Content Knowledge (TCK)

Pada unsur ini pengetahuan tentang pengaruh teknologi pada suatu disiplin ilmu pengetahuan tertentu. Artinya, bagaimana dan sebesar apa pengaruh teknologi pada perkembangan suatu disiplin ilmu pengetahuan.

  • Technological Pedagogical Knowledge (TPK)

Pada unsur ini memuat hubungan antara teknologi dan proses pembelajaran. Melalui TPK ini guru bisa memahami kelebihan serta kekurangan teknologi dalam pembelajaran untuk setelahnya dijadikan bahan evaluasi.

  • Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)

Unsur terakhir adalah TPACK itu sendiri, yang merupakan integrasi antara ketiga komponen, yaitu teknologi, pedagogik, dan konten pembelajaran.

Pada zaman serba digital seperti saat ini, sebagai guru kita memang dituntut untuk cakap dalam mengintegrasikan ketiganya. Hal ini agar tidak ada istilah guru yang ketinggalan zaman. Terlebih, sudah banyak beredar platform penunjang pembelajaran yang bisa digunakan secara online (e-learning). Dengan demikian guru bisa menjadi kreatif dan berinovasi dalam memberikan pembelaran.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun