Mohon tunggu...
Anton Surya
Anton Surya Mohon Tunggu... Pengelana

Pengelana

Selanjutnya

Tutup

Digital

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Travel di Seluler

19 Desember 2019   13:31 Diperbarui: 19 Desember 2019   13:45 45 2 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengalaman Menggunakan Aplikasi Travel di Seluler
Sumber: begawei.com

Liburan telah tiba, tentu kita tidak akan melewatkannya begitu saja. Kita hidup di era yang serba dimudahkan dengan digitalisasi. Kini aplikasi travel banyak terddapat di media daring. Aplikasi liburan seperti traveloka, tiket.com, pegipegi, Agoda, redoorz dan lain --lain banyak bertebaran di media daring. Kita hanya tinggal mengunaknya. Berdasarkan pengalaman yang sering setiap melakukan perjalanan maka saya akan mencoba mereview aplikasi daring yang pernah saya gunakan.

  • Traveloka

Traveloka adalah aplikasi yang pertama kali saya gunakan. Fitur yang disediakan cukup lengkap. Mulai Dari hotel, tiket pesawat hingga rental kendaraan. Beberapa kali saya mengunakan aplikasi ini sangat dimudahkan terutama di menu hotel. Hotel yang ditawarkan adalah yang paling lengkap dibanding aplikasi lain. Hotel dari kelas backpacker hingga yang mewah tersedia disini. Menggunakan traveloka kita seras bisa memilih dan menentukan jenis liburan yang kita kehendaki.

Tetapi sayang traveloka termasuk jarang dalam memberikan promosi kepada pengguna sehingga saya sangat jarang menggunakan aplikasi ini lagi.

  • Tiket.com

tiket.com memberika fasilitas yang hampir sama dengan traveloka, tetapi dia unggul dalam memberikan promosi, sehingga kita bisa lebih menghemat karena semua poin dalam tiket.com bisa ditukar (dihitung) dengan nominal rupiah. Satu kali saya mendapat kejutan berupa diskon tiket pesawat dari tiket.com dengan jumlah yang signifikan. Tetapi dibanding dengan traveloka, koleksi hotelnya terbilang lebih sedikit. Serigkali penginapan kelas backpacker tidak masuk kedalam daftar.

  • Pegipegi

Aplikasi sebenarnya tidak berbeda jauh dengan traveloka, hanya di menu pilihan hotelnya tidak sebanyak traveloka. Dia juga menawarkan rate hotel yang sedikit lebih murah dibanding yang lain. Tetapi jika menulis review hotel kita harus disaring dulu oleh admin.

  • Agoda

Aplikasi sangat bersaing dalam menawarkan rate (tarip) hotel dengan harga termurah, tapi rate hotel yang tertera belum termasuk pajak lho. Tetapi untuk melakukan pembayaran harus mengunakan kartu kredit tidak seperti aplikasi lain yang bisa melakukan pembayaran dengan transfer bank. Tetapi kini kita bisa melakukan pembayaran melalui gerai Indomaret dan Alfamaret. Tetapi perlu kita ketahui tidak semua wilayah Indonesia tersedia minimarket itu.

  • Redoorz

Aplikasi itu cocok untuk para backpacker karena menawarkan penginapan non-mainstream. Rate (tarip) hotel yang ditawarkan rata-ratadibawah 200.000 rupiah. Tetapi fasilitas hotel yang ditawarkan cukup bagus dan cukup seimbang dengan uang yang kita bayarkan. Selain itu untuk pengguna baru kita bisa mendapatkan voucher senilai 150.000 rupiah. Tetapi sayang untuk beberapa wilayah di Kalimantan belum terjangkau oleh aplikasi.

Tulisan ini didasarkan pada pengalaman saya pribadi dan tidak semua aplikasi travel yang tersedia di seluler anda saya ulas. Semua aplikasi memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, saya tidak bisa bisa menilai siapa yang terbaik, tetapi gunakan aplikasi itu sesuai kebutuhan anda. Semoga ulasan saya melalui tuilsan ini bisa membantu anda yang ingin menikmati liburan akhir tahun.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x