Mohon tunggu...
Surya Dharma
Surya Dharma Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Mengabadikan diri melalui tulisan terutama yang berkaitan dengan isu-isu masyarakat, budaya, sejarah, serta lingkungan dan tata kelolanya

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Desa Gambirmanis: Desa dengan Bentang Alam Unik Peninggalan Sungai Bengawan Solo Purba

3 Juli 2022   12:33 Diperbarui: 3 Juli 2022   12:34 1493 10 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bentang alam Desa Gambirmanis berupa lembah dan bukit (dok.pribadi) 

Gambirmanis merupakan salah satu desa yang terletak di Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Tepatnya, desa yang berada di selatan pulau Jawa ini terletak di Kecamatan Pracimantoro yang di sebelah baratnya berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Secara administratif, terdapat 13 dusun di wilayah Desa Gambirmanis. Adapun 13 dusun tersebut meliputi Dusun Bakalan, Galo, Gambiranom, Gondangmanis, Karang, Kerjo, Mahbang, Nongkosuwit, Pakel, Pendem, Nujo, Suruhan, dan Tileng.

Desa yang berjarak sekitar 8 km dari pusat Kecamatan Pracimantoro ini sendiri merupakan desa terluas di Kecamatan Pracimantoro. Wilayah Desa Gambirmanis diperkirakan mencapai luas sekitar 1.378 ha. 

Selain menjadi desa terluas di Kecamatan Pracimantoro, Gambirmanis juga dikenal akan keunikan bentang alamnya. Hal ini karena Desa Gambirmanis dipercaya sebagai wilayah lembah peninggalan Sungai Bengawan Solo Purba yang dulu mengalir dari Wonogiri menuju Samudra Hindia.

Keunikan bentang alam Desa Gambirmanis berupa lembah yang diapit oleh bukit dapat dinikmati di sepanjang jalan menuju desa ini, khususnya di jalan yang melalui Dusun Bakalan dan Tileng. Sepanjang jalan tersebut, kita akan disajikan dengan pemandangan khas hijaunya bukit jati yang menjulang di sebelah utara dan selatan desa. 

Selain hijaunya lembah dan bukit jati, mata kita juga akan dimanjakan dengan pemandangan bebatuan karst yang tampak berwarna coklat kehitaman di sepanjang bukit Desa Gambirmanis. Susunan batuan karst ini semakin menambah kesan alami selama melintasi jalanan di Desa Gambirmanis.

Batuan karst yang ikut menyusun bukit Desa Gambirmanis (dok.pribadi) 
Batuan karst yang ikut menyusun bukit Desa Gambirmanis (dok.pribadi) 

Bahkan, karena keunikan bentang alamnya, Desa Gambirmanis pernah menjadi salah satu lokasi track dari event Gowes Susur Lembah Bengawan Solo Purba yang dilaksanakan pada tahun 2016 lalu.

Bagimana, menarik bukan pesona dari Desa Gambirmanis? Kalau kamu sedang berada di Kabupaten Wonogiri, khususnya di Kecamatan Pracimantoro, jangan lupa untuk mengunjungi Desa Gambirmanis ya!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan