Mohon tunggu...
Steven Suryaatmadja
Steven Suryaatmadja Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar, Sekolah Dian Harapan, Cikarang

Menulis artikel karena hobby, juga untuk sekolah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Titik Penting Dalam Kehidupan

4 November 2022   08:34 Diperbarui: 11 November 2022   07:55 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

"Sometimes the things that matter the most are right in front of you." -

Sebuah ujian, bisa menjadi titik akhir dari sebuah perjalanan yang sudah kita lalui, ataupun titik awal dalam memulai sebuah hal yang baru, tetapi kita bisa setuju, sebuah ujian tetaplah ujian, mungkin ada orang yang secara akademis sudah lebih tinggi daripada lainnya, ada yang mempunyai bakat dan sebagainya, tetapi dalam sebuah titik di hidup kita semua, pasti kita semua sudah merasakan satu hal yang sama yaitu ujian.

Setiap hari kita belajar, menampung ilmu dalam kehidupan kita, setiap aksi dan pembelajaran yang dilakukan juga berkontribusi dalam ilmu yang kita tampung setiap hari. Tetapi seluruh hal yang sudah kita alami seperti yang sudah diketik diatas, pasti mencapai sebuah titik akhir, dan berdiri diantara jenjang berikutnya dan kita adalah, sebuah ujian.

Secara logis, kita tidak dapat kabur dari hal tersebut, karena dalam satu titik di kehidupan kita, sebuah "ujian" dalam bentuk apapun pasti datang. Hal tersebut pastinya penting untuk bekal kita kedepannya, kita menampung banyak sekali hal dalam kehidupan sehari-hari kita dan ujian sebuah dilaksanakan menguji pengetahuan kita, sebuah ujian juga menguji pertanggungjawaban sebuah inividu di lingkungan sekolah yang ada.

Mungkin kalian mengira, sebuah ujian hanyalah ujian biasa seperti yang kita sudah lakukan, pembelajaran yang kita lakukan, kita hafal, melaksanakan ujian tersebut dan dilupakan. Tetapi bisa dikatakan, hal tersebut merupakan sebuah sikap yang salah dalam menghadapi ujian, kita tidak harus menghafal seluruh materi yang akan di-ujikan, melainkan materi tersebut harus dimengerti dan diresapi dengan baik. Walaupun jawaban tersebut tidak akan lengkap seperti jawaban yang kita hafal, tetapi inti dari topik yang akan kita sampaikan pasti akan terjelaskan dengan baik.

Kita sebagai murid tentu saja harus melakukan yang terbaik dalam kehidupan kita, sebuah ujian hanyalah sebuah hal kecil dalam kehidupan kita agar kita dapat mempersiapkan diri di masa depan. Gampang maupun susah, berhasil ataupun gagal, kita harus tahu bahwa seluruh upaya yang kita lakukan sudah maksimal dan bagaimana pun hasilnya, hal tersebut bisa menjadi pembelajaran untuk menghadapi tantangan kedepannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun