Mohon tunggu...
Surya Setiawan
Surya Setiawan Mohon Tunggu... Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Entrepreneur. Problem solver. Communicator. Thinker. Internet fanatic. Passionate creator. Analyst.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

31 Juli 2019   09:41 Diperbarui: 15 Agustus 2019   18:03 8240 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli
Pixabay.com

Pengertian Ilmu Ekonomi harus diketahui oleh para calon ekonom seperti mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di fakultas ekonomi tak terkecuali. 

Materi ini biasanya muncul pada awal-awal semester tepatnya pada mata Kuliah Pengantar Ekonomi (biasanya terbagi menjadi tiga level). Pengetahuan tentang ilmu ekonomi harus diketahui karena sebagai dasar pemahaman materi selanjutnya.

Banyak sekali ahli yang mencetuskan apa itu ilmu ekonomi dan menjelaskan hal-hal penting lain terkait dengan Ilmu Ekonomi sendiri. 

Namun, pengetahuan yang paling dasar dan harus diketahui adalah tentang pengertian ilmu ekonomi. Berikut ini adalah sembilan pengertian ilmu ekonomi menurut beberapa ahli dan sumber lain yang harus diketahui mahasiswa Ekonomi.

1. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

KBBI menjelaskan pengertian ilmu ekonomi dikaitkan dengan aktivitas dasar dari kegiatan ekonomi, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi. 

Pengertian tersebut secara umum dan ilmu ekonomi sendiri adalah cabang ilmu. Jadi, pengertian keseluruhannya adalah cabang ilmu yang titik acuannya berkaitan dengan kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.

Berdasarkan kata "Ilmu Ekonomi" dapat ditebak bahwa jika pengertiannya dikaitkan dengan kegiatan produksi, distribuisi, dan konsumsi, maka juga menghasilkan pendapatan. 

Pendapatan yang dimaksud adalah berupa uang atau modal lainnya. Dijelaskan bahwa ilmu ekonomi dapat digunakan untuk acuan mengatur perekonomian negara, organisasi atau perusahaan, atau unit eknomi terkecil (rumah tangga).

2. Menurut Wikipedia Ensiklopedi Indonesia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN