Mohon tunggu...
Surtan Siahaan
Surtan Siahaan Mohon Tunggu...

Berbahagialah orang yang tidak sukses, selama mereka tidak punya beban. Bagi yang memberhalakan kesuksesan, tapi gagal, boleh ditunggu di lapangan parkir: siapa tahu meloncat dari lantai 20. -Seno Gumira Ajidarma-

Selanjutnya

Tutup

Sehatsaatpuasa Pilihan

Tergila-gila Segarnya Es Jeruk Kelapa Hijau

1 Juni 2018   11:30 Diperbarui: 1 Juni 2018   11:41 1491 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tergila-gila Segarnya Es Jeruk Kelapa Hijau
Es Jeruk Kelapa akan Makin Nikmat jika Ditambahkan Madu atau Markisa/Sumber Foto: cookpad.com

Berpuasa selama 13 jam lebih di negara tropis seperti Indonesia merupakan sebuah tantangan tersendiri.

Apalagi jika bulan puasa jatuh pada musim kemarau seperti sekarang. Udara yang panas seringkali membuat tenggorokan kering dan haus. Saat waktu berbuka puasa tiba, hal yang paling dicari tentu saja minuman yang dingin menyegarkan. Penjual takjil yang menjual aneka minuman dingin di jalanan biasanya langsung diserbu menjelang waktu berbuka.

Tapi, tidak semua kesegaran yang ditawarkan minuman tersebut baik untuk tubuh kamu. Ada baiknya kamu menyiapkan sendiri minuman segar yang dapat dipastikan kesehatannya. Tidak perlu bingung mencari ide karena Indonesia sebenarnya sangat kaya dengan aneka minuman lokal yang nikmat nan menyehatkan.

Nah, di antara beragam pilihan tersebut, salah satu tawaran saya adalah membuat sendiri es jeruk kelapa yang menyegarkan dahaga. Minuman satu ini juga cocok sekali direguk saat bulan puasa karena kandungan vitamin, protein dan mineralnya yang lengkap. Asyiknya lagi, minuman satu ini mudah kamu buat sendiri di rumah.

Sebelum saya ceritakan cara membuat minuman enak satu ini, kamu perlu lebih dulu tahu mengapa es jeruk kelapa baik diminum saat puasa. Berikut ini ulasannya:

Kelapa Hijau

Kelapa Hiau Memiliki Banyak Manfaat Bagi Orang yang Berpuasa/Sumber Foto: pixabay.com
Kelapa Hiau Memiliki Banyak Manfaat Bagi Orang yang Berpuasa/Sumber Foto: pixabay.com

Salah satu bahan utama minuman ini adalah kelapa. Sebenarnya, sudah jadi kebiasaan bagi orang Indonesia untuk mengkonsumsi kelapa saat berbuka puasa. Alasannya, karena air kelapa cepat mengusir rasa haus. Namun, tahu kah kamu alasan lainnya?

Menurut sejumlah situs kesehatan, air kelapa sangat cocok diberikan pada seseorang yang kehausan karena kandungan airnya yang tinggi yakni mencapai 95%. Selain itu, air kelapa juga tergolong sebagai air murni sehingga baik diminum ketika perut belum menerima asupan apapun selama seharian.

Namun, tidak semua kelapa disarankan. Menurut penelitian yang dirilis oleh healthline.com, peneliti menyarankan agar kita mengkonsumsi air kelapa hijau. Alasannya karena kandungan air dalam cairan buah kelapa hijau lebih tinggi dari kelapa tua.

Situs tersebut juga menjelaskan, satu butir kelapa dapat memenuhi kebutuhan nutrisi orang yang berpuasa. Satu gelas air kelapa dan dagingnya mengandung manfaat sebagai berikut:

  • 9 gr karbohidrat
  • 3 gram serat
  • 2 gram protein
  • 10% vitamin C
  • 15% magnesium
  • 17% zat besi
  • 6% kalsium
  • 17% potassium
  • 11% kalium

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN