Mohon tunggu...
Suradin
Suradin Mohon Tunggu... Seorang Pendidik di SMAN 6 Mataram

Terus Menjadi Pembelajar

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pemuda adalah Tunas Bangsa dan Negara

27 Mei 2020   20:22 Diperbarui: 27 Mei 2020   20:17 27 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemuda adalah Tunas Bangsa dan Negara
Dok. Diran


SAYA memiliki keyakinan wabil khusus untuk generasi kecamatan Hu'u ke depan akan menjadi generasi yang hebat. apabila berkaca dari kejadian ini dan rentetan  pengalaman-pengalaman sebelumnya tentu akan menjadi pelajaran sekaligus modal yang sangat berharga, keyakinan ini tentu membutuhkan kerjasama sinergisitas yang baik antara berbagai pihak, terutama dimulai dari kesadaran setiap individu, kemudian  lingkup terkecil yaitu keluarga dan pergaulan lingkungan sosial sekitar yang baik serta peran masyarakat pada umumnya, hal ini akan berdampak pada perkembangan sosial termasuk pergaulan generasi yang baik. 

Hal ini haruslah sejalan dengan menjujung tinggi nilai-nilai luhur yang tumbuh ditengah-tengah masyarakat sebagai suatu pemurnian. Kesadaran, pemahaman dan implementasi nilai atau norma yang berlaku juga menjadi penyokong terutama norma agama, norma kesusilaan dan norma  kesopanan terlebih lagi dengan adanya norma hukum yang menjembatani kesenjangan dinamika sosial.

Dalam konsep Sistem hukum (legal system) menurut Friedman yakini; Isi Hukum (Legal Substance), Struktur Hukum (Legal Structure), Budaya Hukum (Legal Culture) dan Dampak Hukum (legal impec). 

Hal ini menempatkan kesadaran masyarakat sebagai suatu hal yang vital, melahirkan hukum yang baik dan penegak hukum yang baik apabila tidak ada kesadaran yang nyata didalam masyarakat terhadap nilai hukum itu niscaya akan menggugurkan nilai-nilai kebaikan itu sendiri.

Kemudian dari pada itu masyarakat dan penegak hukum harus sejak dini mengupayakan dan lebih memaksimalkan langkah-langkah atau upaya kongkrit baik yang bersifat Preventif maupun Represif sehingga ini menjadi suatu pedoman dalam menyikapi berbagai permasalahan yang sosial ada.

Generasi muda adalah tunas harapan bagi bangsa dan negara sebagai pemegang estafet perubahan tentunya harus mempersiapkan diri sebaik mungkin dan itu harus dimulai dari diri sendiri. 

Mencari jati diri adalah jalan yang indah tetapi menjadi bagian yang terbaik dari setiap perjalan indah itu adalah keabadian sebab tingkat Paripurna pemurnian jiwa itu ada dalam setiap kesadaran itu sendiri.

Saya masih berkeyakinan bahwa generasi muda kita akan memberikan kontribusi yang lebih untuk bangsa dan negara kita tercinta.

VIDEO PILIHAN