Mohon tunggu...
Supriyanti
Supriyanti Mohon Tunggu... Penulis - Penulis, Ibu rumah tangga

Menulis mengajarimu bahwa yang terucap bisa saja kamu lupakan. Namun, yang kamu tuliskan akan selalu ada.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Belajar Menulis Melalui Membaca

3 Juli 2022   17:14 Diperbarui: 3 Juli 2022   17:28 245 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Membaca adalah jendela dunia. Dengan membaca, kita akan mengetahui banyak hal tentang dunia, menambah wawasan ilmu pengetahuan, dan menjadi lebih bijaksana karena tahu bahwa ada langit yang lebih tinggi.

Menulis sendiri ibarat kertas putih kosong yang menunggu diisi oleh pena ilmu pengetahuan. Tanpa ilmu pengetahuan yang mumpuni, tulisan sebaik apapun tidak akan memiliki makna, baik bagi penulis sendiri maupun bagi pembacanya.

Bagi seorang penulis, membaca adalah proses pembelajaran. Penulis mulai belajar pembendaharaan kata dan gaya menulis dari penulis lain. Diharapkan, setelah membaca, seorang penulis mampu menulis artikel yang enak dibaca, efektif dalam memilih kata, dan efisien dalam kesederhanaan kalimat sehingga mudah dipahami.

Semakin banyak kita membaca, semakin dalam pemikiran kita dalam memahami sesuatu. Itu berarti kita bisa beropini dengan gaya lugas dan mampu memberi alasan yang bisa diterima orang lain. Percaya atau tidak, dengan membaca secara teratur, kita bisa meningkatkan kemampuan menulis kita, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Untuk bisa menjadi pembaca yang baik, mulailah membaca beberapa artikel bertema sama dengan pelan-pelan agar kita memahami maksud dan tujuan penulis. Catatlah seperlunya inti sari dari bacaan dan kemudian berpikirlah. 

Apakah kita sependapat dengan pemikiran penulis artikel tersebut? Jika iya, cobalah menulis ulang artikel tersebut dengan gaya menulis kita sendiri. Jika tidak, mengapa kita tidak setuju dengan penulis tersebut?

Jika kita melakukan kegiatan membaca dengan cara di atas maka kita akan melihat "sedikit" perubahan dalam kemampuan menulis kita.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan