Mohon tunggu...
Suprihadi SPd
Suprihadi SPd Mohon Tunggu... Penulis - Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

Pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kuliah D3 IKIP Negeri Yogyakarta (sekarang UNY) dilanjutkan ke Universitas Terbuka (S1). Bekerja sebagai guru SMA (1987-2004), Kepsek (2004-2017), dan Pengawas Sekolah jenjang SMP (2017-sekarang).

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Menangkap Tikus Hanya Bermodal Selembar Kertas Berperekat, sudah Pernah mencoba?

12 Februari 2024   20:05 Diperbarui: 12 Februari 2024   20:10 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tangkap tikus curut dapat bonus tokek (dokpri)

Menangkap Tikus Hanya Bermodal Selembar Kertas Berperekat, sudah Pernah mencoba?

Binatang pengerat bernama tikus sangat mengganggu. Kita dapat menangkap tikus dengan modal murah meriah. Tidak perlu biaya mahal dan 99% berhasil.

Kemarin pagi (11/2/2024) saya terganggu dengan kehadiran tikus di ruang dapur. Saya harus dapat menangkap tikus itu. Namun, upaya yang saya lakukan kemarin gagal.

Untuk menangkap tikus itu, saya hanya bermodalkan sapu lidi. Lokasi tempat tikus bersembunyi saya "obok-obok" dengan sapu lidi. Saat tikus keluar, saya berusaha memburu dengan sapu lidi itu. Maksud saya, dengan sapu lidi, tikus yang berlari akan saya pukul dengan sapu lidi itu. Gagal.

Pada malam hari, istri tercinta memasang perangkap tikus. Upaya untuk menangkap tikus harus dilakukan agar tidak mengganggu barang-barang di dapur.

Sudah beberapa kali saya menangkap tikus dengan sapu lidi dan berhasil. Namun, pada hari Ahad itu gagal. Untung, istri tercinta mempunyai inisiatif dengan memasang perangkap tikus.

Jebakan atau perangkap tikus itu sangat sederhana. Istri tercinta menaruh selembar kertas yang sudah ada perekat atau lem-nya. Kertas yang agak tebal itu hanya diletakkan begitu saja di dekat tempat yang biasa digunakan untuk lewat tikus.

Lem lalat dapat untuk menangkap tikus (dokpri)
Lem lalat dapat untuk menangkap tikus (dokpri)
Judul atau nama kertas berperekat itu sebenarnya berfungsi untuk menangkap lalat. Pada siang hari biasanya ada lalat beterbangan di sekitar makanan. Kita dapat menangkap (menjebak) lalat dengan meletakkan kertas berperekat (ada lem-nya) itu.

Mengingat kertas berperekat yang digunakan istri untuk menangkap tikus itu berfungsi untuk menangkap lalat, jenis tikus yang sanggup terperangkap adalah jenis tikus curut atau celurut.

Jenis tikus ini sangat menjengkelkan. Binatang itu sering meninggalkan bau atau aroma busuk yang tidak enak. Suara "cit...cit...cit..." menandakan jenis tikus bertubuh mungil itu.

Suara "cit...cit...cit..." sering terdengar pada malam atau pagi hari. Kita harus waspada dan berusaha mengusir atau menangkap tikus yang dapat membuat rumah menjadi kotor itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun