Mohon tunggu...
Suprihadi SPd
Suprihadi SPd Mohon Tunggu... Penulis - Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

Pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kuliah D3 IKIP Negeri Yogyakarta (sekarang UNY) dilanjutkan ke Universitas Terbuka (S1). Bekerja sebagai guru SMA (1987-2004), Kepsek (2004-2017), dan Pengawas Sekolah jenjang SMP (2017-sekarang).

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kepsek SMP Kabupaten Balangan Kalsel Berkunjung ke PPU Kaltim (Bagian 1)

9 November 2022   04:41 Diperbarui: 9 November 2022   04:51 371
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kepsek SMP Kab. Balangan, Kalsel Berkunjung ke PPU, Kaltim

Hari Senin tanggal tujuh November 2022, saya, Suprihadi, selaku pengawas pembina SMP 1 PPU berkunjung  untuk memantau persiapan sekolah itu dalam menerima tamu dari Kabupaten Balangan, Kalsel. Setelah memarkir sepeda motor kesayangan, saya segera memperhatikan beberapa staf sekolah yang sedang memasang atap seng pada sebuah gazebo.

Dok Pribadi
Dok Pribadi
Beberapa orang terlibat dalam proses pemasangan atap baru itu. Setelah mengamati sejenak, saya segera melangkahkan kaki menuju pintu masuk. Ada pemandangan menarik yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Ada spot yang cantik untuk berfoto ria.

"Saya fotokan, Pak!"

Terdengar suara petugas resepsionis yang mengetahui keinginan saya. Segera saya lepaskan tas punggung dan jaket hitam. Posisi duduk pun saya pilih agar tulisan "SMPN 1 PPU" terlihat jelas dan hiasan yang membentuk hati (love) dapat menjadi latar.

Dok Pribadi
Dok Pribadi
Setelah berfoto saya melihat-lihat bangunan di dekat atau di samping tempat saya berfoto itu. Ada tempat pengolahan kompos yang diberi label "Rumah Kompos". Ada alat sederhana untuk menghancurkan sampah dan beberapa ember bertutup warna hitam.

Dok Pribadi
Dok Pribadi
Sampah organik memang perlu diolah agar dapat dijadikan pupuk tanaman. Dengan memanfaatkan sampah yang ada di sekitar sekolah, pengeluaran untuk membeli pupuk dapat ditekan.

Hari Selasa tanggal delapan November 2022 cuaca sangat cerah. Saya mengenakan kemeja batik seragam APSI hitam menuju SMP 1 PPU. Suasana halaman sekolah agak berbeda dari hari biasanya.

Dok Pribadi
Dok Pribadi
Pada halaman yang biasa untuk parkir kendaraan telah diubah menjadi tempat "pameran" produk atau karya siswa. Ada beberapa tenda mini yang masing-masing menampilkan produk yang merupakan hasil olah kerajinan dan produk makanan/minuman menyehatkan.

Dok Pribadi
Dok Pribadi
Ada produk berupa talenan yang diberi lukisan menarik. Alat terbuat dari papan kayu itu dihiasi lukisan dengan warna-warni yang serasi. Dua penjaga stan pameran yang memakai baju adat terlihat malu-malu menjelaskan nama produk dan kreativitas yang dilakukan.

Dok Pribadi
Dok Pribadi
Pada tenda lain, ada produk jamu yang dikemas dalam botol kaca dan botol plastik. Jamu beras kencur dan jamu jahe. Dua penjaga stan itu terlihat agak malu-malu juga. Pakaian adat yang dikenakan mungkin terasa kurang nyaman karena jarang-jarang dipakai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun