Mohon tunggu...
Suprihadi SPd
Suprihadi SPd Mohon Tunggu... Penulis - Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

Pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kuliah D3 IKIP Negeri Yogyakarta (sekarang UNY) dilanjutkan ke Universitas Terbuka (S1). Bekerja sebagai guru SMA (1987-2004), Kepsek (2004-2017), Pengawas Sekolah jenjang SMP (2017- 2024), dan pensiun PNS sejak 1 Februari 2024.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menghadiri Musyawarah Kepala Sekolah, 26 Oktober 2022

28 Oktober 2022   09:34 Diperbarui: 28 Oktober 2022   09:36 739
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menghadiri Musyawarah Kepala Sekolah, 26 Oktober 2022

Pagi hari pukul 08.29 wita, Pak Amin Susilo, kepala SMP Muhammadiyah 1 Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, menelepon. Saat itu saya sedang berada di ruang pengawas. Ia menanyakan apakah saya akan menghadiri MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) di SMP Muhammadiyah 2 PPU. Atas pertanyaan itu saya menjawab, "Insya Allah hadir!"

Undangan resmi belum saya terima. Biasanya Bu Rosnah, sekretaris MKKS mengirimkan softcopy undangan melalui japri WA. Sampai pagi hari itu belum ada undangan dikirimkan. Selesai menelepon, saya kembali asyik dengan aktivitas di depan laptop. Pada hari Selasa tanggal dua puluh lima Oktober 2022 itu saya tidak mempunyai jadwal ke sekolah binaan.

Sejak kemarin, siswa jenjang SD mengikuti ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer). Para pengawas SD melakukan monitoring ke sekolah-sekolah. Dengan begitu ruang pengawas agak sepi. Agar suasana tidak bertambah sepi, saya melakukan kesibukan di kantor saja.

Pada hari Senin, 24 Oktober 2022 saya sudah bertemu Pak Budi Lestarianto, kepsek SMP 1 PPU, pada acara rapat di salah satu ruang disdikpora. Pada hari itu saya juga berjumpa dengan beberapa kepala SMP, SD, dan TK. Rapat berlangsung lancar dengan keputusan yang akan disampaikan dalam bentuk surat edaran atau surat pemberitahuan.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Setengah jam setelah Pak Amin Susilo menelepon, ada panggilan lagi telepon dari Pak Gamaruddin, kepsek SMP Muhammadiyah 2 PPU. Ia menginfokan bahwa tempat MKKS bulan ini di sekolahnya pada hari Rabu, 26 Oktober 2022. Saya pun menyatakan siap untuk hadir. Beberapa menit sebelum Pak Gamaruddin menelepon, ada surat undangan tertulis yang dibawa oleh Pak M. Hanafi yang tinggal satu rumah dengan Bu Rosnah, sekretaris MKKS jenjang SMP/MTs. Kabupaten Penajam Paser Utara. Keduanya suami istri.

Selanjutnya, saya menanyakan kepada korwas (koordinator pengawas) apakah akan menghadiri undangan MKKS di SMP Muhammadiyah 2 yang berlokasi di dekat pasar Babulu tersebut. Saya sampaikan pula bahwa saya akan hadir karena ada janji bertemu kepsek SMP Muhammadiyah 1 PPU.

"Ayo, sama-sama!" jawab Pak Sugeng Mardisantoso melalui japri WA.

"Saya nunggu di mana? Di kantor atau di SMP 21?"

Tempat tinggal korwas dekat dengan SMP 21 PPU. Saya pun mendapat jawaban bahwa lebih baik menunggu di sekolah yang saat ini dipimpin oleh Pak Edy Prayitno.

Dengan melakukan kesepakatan seperti itu, saya menjadi lega. Paling tidak energi saya dapat disimpan karena tidak harus mengendarai sepeda motor untuk menuju SMP Muhammadiyah 2 PPU. Dengan berangkat bersama korwas, ada teman mengobrol sepanjang perjalanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun