Mohon tunggu...
Suprihadi SPd
Suprihadi SPd Mohon Tunggu... Penulis - Dilahirkan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kuliah D3 IKIP Negeri Yogyakarta (sekarang UNY) dilanjutkan ke Universitas Terbuka (S1). Bekerja sebagai guru SMA (1987-2004), Kepsek (2004-2017), dan Pengawas Sekolah jenjang SMP (2017-sekarang).

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Plus/Minus Posisi Ruang Pengawas Kami

22 September 2022   10:51 Diperbarui: 22 September 2022   11:03 34 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Plus/Minus Posisi Ruang Pengawas Kami

Para pengawas sekolah jenjang TK, SD, dan SMP di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur mendapatkan ruang kerja pada dua tempat, yaitu Ruang Pengawas 1 dan Ruang Pengawas 2 yang berdampingan.

Posisi dua ruang pengawas itu memiliki pintu yang langsung ke area jalan dan tempat parkir. Tidak perlu lewat pintu utama yang ada resepsionisnya. Itu cukup menguntungkan bagi kami para pengawas. 

Kami bisa langsung parkir di depan pintu masuk. Tidak perlu berjalan kaki terlalu jauh untuk mencapai pintu masuk ruang pengawas.

Beberapa pengawas yang datang lebih awal dapat memarkir kendaraannya tepat di depan pintu masuk ruang. Untuk pengawas yang datang agak belakangan harus rela memarkir kendaraannya agak jauh dari pintu masuk. 

Namun, kami masih untung dibandingkan pegawai lain yang harus memarkir kendaraan cukup jauh dan untuk masuk ke ruang kerja harus melewati pintu utama.

Untuk urusan isi "kampung tengah", kami sangat diuntungkan. Hanya beberapa langkah dari pintu ruang pengawas ada kantin yang menyediakan kebutuhan "isi perut". Untuk mengetahui kantin sudah buka atau libur, kami bisa melihat pintu dan jendela kantin itu. Apabila pintu tertutup rapat dan gorden dipasang, pertanda kantin tutup.

Ada dua kantin yang berdampingan di seberang ruang pengawas. Hampir semua pengawas pernah membeli makanan di kantin itu.

Saat pengawas kerja cukup lama di kantor, ada kendala sedikit terkait toilet. Untuk ke toilet kami harus melewati pintu utama, melewati ruang kepala dinas, dan ruang-ruang lain. Koridor agak panjang sebelum tiba di toilet.

Hal itu sering membuat para pengawas sungkan ke toilet di kantor Dinas Pendidikan. Mereka lebih baik pulang ke rumah atau pergi ke tempat lain untuk buang air. Namun, sebagian pengawas lain santai saja ke toilet di dekat musala Dinas Pendidikan itu. Apalagi wastafel yang tersedia cukup nyaman untuk cuci tangan sehabis dari toilet.

Penajam Paser Utara, 22 September 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan