Mohon tunggu...
Suprihadi SPd
Suprihadi SPd Mohon Tunggu... Penulis - Dilahirkan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kuliah D3 IKIP Negeri Yogyakarta (sekarang UNY) dilanjutkan ke Universitas Terbuka (S1). Bekerja sebagai guru SMA (1987-2004), Kepsek (2004-2017), dan Pengawas Sekolah jenjang SMP (2017-sekarang).

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Kata "Perubahan" atau "Pengubahan" yang Benar?

17 September 2022   09:17 Diperbarui: 17 September 2022   09:21 118 6 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Kata "perubahan" atau "pengubahan" yang Benar?

Dunia tulis-menulis semakin semarak dengan adanya berbagai media daring. Sebagai pecinta bahasa Indonesia, sudah sewajarnya kita selalu berusaha memperbaiki tata tulis kita. Ide yang banyak perlu dikelola dengan cermat agar dapat dituangkan dalam bentuk tulisan yang menarik.

Satu daya tarik sebuah artikel adalah adanya penerapan kaidah kebahasaan yang tepat. Semakin baik penerapan kaidah, semakin berbobot tulisan yang kita sajikan.

Dalam suatu artikel sering kita jumpai penulisan yang belum tepat tata tulisnya. Bisa jadi, sang penulis hanya mengikuti kebiasaan yang dilakukan orang lain, tanpa mencari tahu bentuk penulisan yang sesuai pedoman yang berlaku.

Jika ada pertanyaan, bentuk pengimbuhan mana yang benar, "perubahan" atau "pengubahan" pasti orang yang ditanya akan berpikir keras. Teori-teori kebahasaan perlu dicermati untuk menjawab pertanyaan seperti itu.

Untuk mengetahui bentuk mana yang tepat, kita perlu menentukan kata dasarnya, yaitu "ubah". Selanjutnya, kita perlu memastikan, imbuhan apa yang digunakan dalam kedua kata tersebut.

peN-an + ambil = pengambilan

peN-an + iklan = pengiklanan

peN-an + entas = pengentasan

peN-an + ukur = pengukuran

peN-an + orbit = pengorbitan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan