Mohon tunggu...
Suprihadi SPd
Suprihadi SPd Mohon Tunggu... Penulis - Dilahirkan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kuliah D3 IKIP Negeri Yogyakarta (sekarang UNY) dilanjutkan ke Universitas Terbuka (S1). Bekerja sebagai guru SMA (1987-2004), Kepsek (2004-2017), dan Pengawas Sekolah jenjang SMP (2017-sekarang).

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Kata "Mempengaruhi" atau "Memengaruhi" yang Tepat?

17 September 2022   05:54 Diperbarui: 17 September 2022   05:58 65 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Kata "mempengaruhi" atau "memengaruhi" yang Tepat?

Imbuhan atau afiks gabungan dalam bahasa Indonesia sering menimbulkan masalah. Banyak orang yang belum mengetahui secara pasti bentuk pengimbuhan yang tepat. Mereka cenderung mengikuti hal-hal yang pernah dituliskan atau diucapkan orang lain.

Salah satu imbuhan yang sering menimbulkan masalah adalah imbuhan "me-i" yang digabungkan dengan kata dasar yang berawal dengan konsonan k. p. t. s.

Marilah kita perhatikan contoh berikut ini.

me-i + pukul = memukuli

me-i + pungut = memunguti

me-i + pengaruh = memengaruhi

Kita harus mengingat (lagi) hukum k. p. t. s. Kata dasar yang diawali dengan konsonan k. p. t. s. itu akan luluh (contoh /p/ menjadi /m/).

Dengan demikian kita harus merasa yakin bahwa kata dasar pengaruh setelah diberi imbuhan "me-i" akan menjadi memengaruhi bukan "mempengaruhi". Kata pengaruh sangat nyata diawali dengan konsonan p.

Kata-kata yang sering kita dengar dan sering kita baca memang ada yang tidak sesuai dengan pedoman atau hukum yang berlaku dalam ketatabahasaan. Untuk itu, marilah kita terus berupaya memperbaiki hal-hal yang belum sesuai aturan. Kalau bukan kita, siapa lagi yang harus memperbaiki?

Penajam Paser Utara, 17 September 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan