Mohon tunggu...
Ananta Ana
Ananta Ana Mohon Tunggu... Peternak - dagingayam.id / marketing

Ayam potong broiler adalah jenis ayam pedaging hasil persilangan dari jenis ayam dengan daya produktivitas tinggi terutama dalam memproduksi dagingnya. Hasil persilangan jenis ayam dengan sistem berkelanjutan sehingga menghasilkan genetik yang lebih baik. Banyak yang menganggap ayam broiler sebagai salah satu unggas yang paling murah dengan produksi yang relatif cepat. Keuntungan yang didapat pasti banyak tetapi harus dibayar menggunakan pemeliharaan yang baik juga. Sebelum mulai beternak ayam potong, peternak harus mempertimbangkan dengan baik, hal utama yang diperlukan oleh ayam pedaging dan cara pemeliharaanya. Ternak ayam potong sudah menjadi hal yang umum dilakukan di Indonesia. Beberapa peternak akan memulainya dari peternakan yang kecil dan kemudian berkembang menjadi peternak ayam yang besar. Begitu pula ternak ayam potong broiler di Indonesia yang saat ini berkembang cukup maju.

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Cara Menentukan Daging Ayam yang Segar

20 September 2022   10:40 Diperbarui: 20 September 2022   10:45 104 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Ayam potong atau yang biasa disebut dengan ayam pedaging merupakan ayam hasil dari persilangan ras yang unggul atau memiliki daya produktivitas tinggi, oleh karena itu ayam pedaging dalam pembudidayaannya menggunakan waktu yang cukup singkat untuk memperoleh ayam dengan kualitas daging yang baik. Jadi, spekulasi pada masyarakat tentang penyuntikan hormon terhadap ayam pedaging agar dapat berkembang dengan cepat sangatlah salah.

Ayam Potong Fresh Tangerang memiliki ciri -- ciri sebagai berikut :

  • Warna daging
  • Pertama yaitu adalah warna daging, daging ayam masih segar memiliki warna daging yang masih kemerahan. Sedangkan daging ayam yang sudah tidak segar memiliki warna daging yang kebiruan.
  • Aroma tidak bau
  • Ayam yang segar memiliki aroma yang tidak menyengat, tidak amis, dan memiliki bau segar khas ayam. Jika kalian menemukan daging ayam yang memiliki aroma menyengat maka ayam tersebut sudah tidak segar dan bisa jadi sudah terkontaminasi oleh bakteri.
  • Tekstur Elastis
  • Cara mengetahui tekstur daging ayam yang masih segar yaitu dengan cara menekan daging ayam. Jika daging ayam ditekan lalu kembali ke keadaan semula maka daging ayam masih segar. Namun jika daging ayam ditekan dan meninggalkan bekas maka daging ayam tersebut sudah tidak segar.
  • Suhu daging ayam
  • Selanjutnya yaitu suhu daging ayam. Ayam yang masih segar memiliki suhu yang agak hangat, karena ayam yang baru dipotong dibersihkan menggunakan air hangat untuk membuang bulu ayam.

Ayam Potong Fresh Halal adalah ayam yang dipotong sesuai dengan syariat islam dan standar Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ayam potong yang baik dan di inginkan oleh masyarakat adalah ayam potong yang memiliki standart aman, sehat, utuh, dan halal atau biasa dikenal (ASUH). Berikut merupakan pengertian dari ASUH :

  • Aman : Aman berarti ayam tidak mengandung bibit penyakit, obat -- obatan, ataupun bahan kimia yang dapat mempengaruhi kesehatan pada tubuh manusia.
  • Sehat : yang kedua yaitu sehat yang berarti daging ayam memiliki kandungan zat-zat yang bergizi serta berguna untuk kesehatan dan pertumbuhan sebagaimana daging ayam merupakan salah satu sumber protein bagi manusia.
  • Utuh : Utuh yaitu daging ayam masih utuh atau tidak dicampur dengan bagian -- bagian dari hewan lainnya.
  • Halal : Daging ayam yang halal berarti pada saat pemotongan ayam dilakukan sesuai dengan syariat islam.

Ayam Potong Fiesta merupakan ayam potong yang dijual dalam kemasan dimana ayam sudah dipotong menjadi beberapa bagian yang siap untuk diolah. Biasanya ayam ini dijual dalam keadaan yang sudah dibekukan sehingga bisa disimpan lebih lama. Mengapa ayam dibekukan? Hal itu dilakukan agar ayam dapat disimpan lebih lama karena ayam yang dibekukan dan disimpan disuhu yang dingin dapat memperlambat pertumbuhan bakteri dalam daging ayam sehingga zat gizi yang terkandung dalam daging ayam tidak hilang.

Ayam Potong pada hari ini menjadi sangat populer karena daging ayam merupakan salah satu sumber protein hewani untuk masyarakat yang harganya masih terjangkau sehingga mudah untuk dibeli oleh masyarakat. Banyak para peternak unggas membudidayakan ayam potong broiler atau ayam pedaging karena daging ayam banyak diminati oleh masyarakat, dan pemeliharaannya membutuhkan wkatu yang cukup singkat. Karena pembudidayaannya yang cukup singkat menimbulkan banyak spekulasi miring pada masyarakat. Salah satu asumsi yang banyak beredar pada masyarakat adalah ayam broiler diberikan suntik hormon agar cepat besar sehingga dapat memicu kanker pada orang yang mengkonsumsinya. Namun pada kenyataannya hal itu salah, ayam broiler atau ayam pedaging dapat berkembang dengan cepat karena telah melalui penyeleksian yang cukup lama untuk menemukan bibit -- bibit ayam yang unggul untuk disilangkan, selain itu dalam pemeliharaannya ayam broiler diberikan pakan yang memiliki mutu yang tinggi.

Ayam Potong Frozen Terdekat menuai banyak pro dan kontra pada masyarakat, pada sebagian masyarakat beranggapan bahwa ayam segar lebih sehat dan terjaga kandungan gizinya daripada ayam yang telah dibekukan atau ayam potong frozen, dan sebagian lainnya beranggapan bahwa keduanya sama saja dan lebih memilih ayam potong frozen karena lebih terjangkau. Namun pada dasarnya keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing -- masing. Pada ayam potong segar kandungan gizinya memang masih tetap karena ayam setelah di potong langsung dijual di pasar, namun penjualan di pasar daging ayam dibiarkan di tempat terbuka dalam kurun waktu yang cukup lama, mungkin pada pagi hari ayam memang masih dalam kondisi yang segar tetapi, semakin sore kandungan gizi pada daging ayam akan semakin menghilang karena dibiarkan di tempat terbuka sehingga bakteri dan kuman akan berkembang dengan cepat selain itu, ayam potong segar harus segera diolah dan tidak dapat disimpan dalam kurun waktu yang lama. Sedangkan pada ayam potong frozen kandungan gizinya akan berkurang beberapa persen sekitar 5% hingga 10% karena ayam melalui proses pembekuan, namun pada ayam potong frozen bakteri akan berkembang lebih lambat pada suhu dibawah 0 Celcius oleh karena itu, ayam potong frozen memiliki daya simpan yang lebih lama.

Ayam Potong Full merupakan ayam potong yang masih dalam keadaan utuh dan belum di bagi menjadi beberapa bagian, biasanya ayam ini digunakan untuk acara -- acara khusus seperti pesta dan lain sebagainya. Ayam potong full ini dijual dengan keadaan utuh tanpa kepala dan ceker, biasanya pada bagian tunggir akan dihilangkan agar tidak mempengaruhi ciri khas bau daging ayam segar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan