Mohon tunggu...
Supli Rahim
Supli Rahim Mohon Tunggu... Pemerhati humaniora dan lingkungan

.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kelebihan Kita adalah Sumber Penyesalan Kita

30 Januari 2020   03:40 Diperbarui: 30 Januari 2020   04:47 53 0 0 Mohon Tunggu...

Bismillah, Alhamdulillah, Allahumma shalaiala Muhammad.

Semua kita ingin sekali dikatakan hebat. Bahkan anak anak atau bahkan cucu kita yang masih kecil ingin dipuji. Mereka juga ingin dikatakan punya kelebihan. Kelebihan kita manusia yang ingin selalu dibanggakan itu antara lain harta, ilmu pengetahuan dan teknologi, nasab atau keturunan, kepandaian, kecantikan atau kegantengan dan sebagainya. 

Itulah manusia. Manusia memang tempatnya salah dan silat. Itu melekat pada kata asal manusia yakni al-insan. Tapi tanpa ingin mengusik kebahagiaan kita, tanpa ingin membuat kita galau, tanpa ingin membuat kita kapok untuk meraih kelebihan maka tulisan ini mencoba menggambarkan bahaya punya kelebihan. 

Apa saja kelebihan kita

Kita diciptakan Allah punya banyak kelebihan. Jangankan dengan sesama manusia bahkan dengan malaikat kita memang dilebihkan. Kita dilebihkan dari jin. Kita dilebihkan daripada hewan dan tumbuhan.

Apa kelebihan manusia? Manusia dibanding malaikat lebih sempurna karena kita punya nafsu, sedangkan malaikat tidak punya nafsu. Kita manusia bisa memilih antara taat atau tidak. Malaikat tidak ada pilihan selain mentaati Allah semata. Manusia disiapkan neraga dan surga. Malaikat tidak.

Manusia dilebihkan dalam banyak hal dibandingkan manusia lain. Ada yang lebih ganteng atau lebih cantik. Ada yang lebih baik keturunannya. Ada yang lebih kaya dan kuasa. Ada yang terampil. Ada yang lebih sehat. Ada yang lebih kuat. Ada yang lebih pintar. Ada yang lebih itu dan lebih ini. Pendek kata Allah menguji kita dengan berbagai macam kelebihan.

Ada tiga ayat tentang bahaya kelebihan

Pertama, Allah berfirman di dalam QS Al-Baqarah ayat 286 bahwa Allah tidak meminta pertanggungjawaban dari kita tetapi sesuai dengan kemampuan.

Kedua, Allah meminta kita berbuat baik sebagaimana Allah sudah berbuat baik pada kita. QS surat alqasas ayat 77.

Ketiga, Allah menciptakan kematian dan kehidupan manusia untuk menguji siapa yang paling baik amalannya. QS Al Mulk ayat 2.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN