Mohon tunggu...
Supli EffendiRahim
Supli EffendiRahim Mohon Tunggu... pemerhati lingkungan dan kesehatan

Orang biasa yang ingin jadi orang baik di mata Allah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Hidup Berkah Jika Istiqomah Dirikan Solat

22 Juni 2021   05:49 Diperbarui: 22 Juni 2021   06:00 53 2 0 Mohon Tunggu...

Bismillah,

Rukun islam nomor dua adalah solat. Rukun yang pertama adalah syahadat, yakni bersaksi bahwa tiada tuhan yang wajib diibadahi kecuali Allah, dan bersaksi bahwa muhammad utusan Allah. Adapun rukun islam yang ketiga adalah puasa ramadhan, yang keempat membayar zakat dan terakhir mengerjakan haji jika mampu. Diantara semua rukun islam solatlah yang menetukan baik buruknya agama seseorang. Tulisan ini memaparkan keberkahan solat dalam islam.

Keberkahan solat

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah." (HR. Muslim) Selain itu, langkah kaki seseorang ke masjid pun akan dihitung sebagai kebaikan. Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Setiap langkah menuju tempat shalat akan dicatat sebagai kebaikan dan akan menghapus kejelekan." (HR. Ahmad).

Keberkahan solat berjemaah adalah dihormati sebagai tamu Allah. “Barang siapa yang berwudhu di rumahnya, lalu memperbaiki wudhunya, kemudian datang ke masjid maka ia sebagai tamu Allah. Dan, menjadi sebuah keharusan bagi yang dikunjungi untuk menghormati tamu.” (HR Ibnu Abi Syaibah).

Keberkahan solat berjamaah berikutnyabadalah mendapat naungan Allah pada hari kiamat.  "Ada tujuh golongan yang akan dinaungi Allah pada hari tiada naungan selain naungan-Nya. (Salah satunya) adalah seseorang yang hatinya selalu terikat dengan masjid.” (HR Bukhari).

Hal penting lain sebagai keberkahan solat berjemaah adalah diampuni dosa-dosanya. “Barang siapa yang berwudhu untuk shalat, lalu ia menyempurnakan wudhunya, kemudian berjalan menuju shalat wajib dan ia melaksanakannya secara bersama-sama atau berjamaah atau di masjid, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya.” (HR Muslim).

Solat berjemaah pahalanya dahsyat

Tiga tempat yang paling dahsyat pahalanya berdasarkan hadist rasulullah saw adalah di masjidi haram Makkah, masjid nabawi Madiah dan masjidil aqsa di Palestina. Di masjidil haram pahala solat berjemaah dilipatgandakan 100.000 kali dari solat di masjid biasa, di masjid Nabawi 1000 kali dan di masjidil aqsa 500 kali.

Hal lain yang tidak bisa dihitung oleh manusia adalah keikhlasan dalam solat. Jika solat orang yang ikhlas akan memperoleh pahala tak terhingga karena perkalianya adalah dengan bilangan tak terhingga. Adalah orang yang memperoleh pahala dari solatnya hanya 1/10, ada yang memperoleh 1/3, 1/4, 1/6 atau 1/1, 2/1 dan sebagainya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x