Mohon tunggu...
Supli rahim
Supli rahim Mohon Tunggu... Dosen - Penulis dan dosen

Orang biasa yang ingin mengajak masuk surga

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Keberhasilan yang Sesungguhnya Seperti Apa?

30 November 2022   18:06 Diperbarui: 30 November 2022   20:12 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bismillah,

Adalah manusiawi jika manusia ingin sukses di dunia. Manusia yang dianggap sukses itu beragam persepsi dan anggapan. Ada yang sukses dalam tahta. Ada pula yang sukses dalam harta. Ada juga yang sukses dalam popularitas. 

Ada yang sukses dalam karya. Ada yang sukses dalam membuat jaringan. Ada yang sukses dalam bidang bisnis. Ada yang sukses dalam menjaga kesehatan sampai umur dewasa dan tua. Banyak lagi. Tapi dunia  memang begitulah. Dan itu tidak salah. Malahan bagus. Tapi kita mesti realistis dala. berfikir bahwa dunia ini hanya sementara. Mengapa? Karena pastilah ada alam lain yang lebih kekal dan tak ada kematian.

Dunia ini semu semata

Bacalah sejarah, lihatlah peninggalan sejarah. Dulu kita dengar ada manusia yang sangat berkuasa tetapi itu tinggal cerita. Lihat orang yang dulu sangat banyak hartanya tapi itu tinggal cerita. Harta yang banyak itu sudah lapuk atau busuk atau sudah ganti pemilik. Lihatlah orang yang banyak gelar pada masanya sangat jaya, tapi kini tinggal nama. Mereka semua sudah ada dalam kubur.

Berusaha dan  berdoa

Untuk urusan dunia ini kita tetap ingin sukses dalam urusan dunia. Kita perlu usaha dan berdoa.Ada yang berusaha dengan melalui pendidikan. Ada yang berbisnis. Ada yang membuat jaringan hisnis. Jaringan kekuasaan. Jaringan pergaulan.  Jaringan perdagangan antar negara dll. Pendek kata tidak salah kita berhasil dalam urusan dunia. Tapi jangan lupa mempersiapkan akhirat yang kekal abadi.

Sukses yang sesungguhnya

Sukses di dunia ini tidak salah asalkan cara memperoleh sukses itu mesti yang sesuai dengan ajaran agama. Jangan menjadi kaya dengan cara menzalimi orang lain. Jangan menjadi kaya dengan cara syirik. Jangan menjadi kaya dengan yang tidak halal menurut ajaran agama. Janganemperkaya diri dengan menjajah negara lain. Jangan menjadi kaya dengan mencuri dll.

Sikses yang sesungguhnya rumusnya ada tiga yakni pertama, menjadi oranh yang orang punya iman atau keyakinan kepada tuhan. Orang yang beraqidah. Kedua, menjalankan perbuatan baik, baik dalam mentaati tuhan kita atau Allah swt  atau kebaikan  dalam.urusan dunia.  Ini semua disebut dengan amal soleh. Ketiga, memjalani kehidupan ini dengan sungguh-sungguh dan sabar serta ikhlas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun