Mohon tunggu...
supetra rahadiyono
supetra rahadiyono Mohon Tunggu... Supetra Rahadiyono sosok sederhana menyukai mobil suzuki carry yang terkenal awet dan bandel dan bergabung dengan (SCCI) Suzuki Carry Club Indonesia Reg 1 Bogor Raya

Supetra Rahadiyono sebagai AP Administrative Assistant KOMPAS GRAMEDIA - KG LOGISTICS.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Cara Mudah Mengganti Packing Silinder Head Mobil Suzuki Carry

13 Agustus 2019   16:54 Diperbarui: 13 Agustus 2019   17:00 0 0 0 Mohon Tunggu...

Mengganti packing silinder head memang bukan pekerjaan mudah tetapi jika tahu caranya tidak terlalu sulit. Berani mencoba akan lebih baik daripada takut gagal dan akhirnya tidak punya pengalaman apa apa. Untuk mengganti packing silinder head mobil suzuki carry tentu perlu persiapan.

  1. Minimal harus punya kunci sok 14 yang bagus
  2. Set kunci yang bagus tujuannya agar baut tidak pada selek
  3. Beli solar untuk membersihkan
  4. Membeli packing silinder head seharga 70ribu dan gasket untuk silinder head
  5. Tidak wajib tapi disarankan memiliki kunci moment (kunci yang bisa diatur kekencangannya) alasannya agar kekencangan baut silinder head yang berjumlah 6 itu sama rata. Dan cara mengencangkannya juga tidak sembarangan harus dimulai dari tengah atas bawah, samping kanan kiri atas bawah dengan menyilang dan kanan kiri paling ujung dengan cara menyilang. Jika tidak memiliki kunci moment harus pakai hitungan berapa kali putar agar sama kekencangannya. Tapi cara ini terkadang tidak akurat sehingga mengecewakan bagi pemilik kendaraan karena ketidak tahuannya saat mesin panas bocor alus pada packing silinder headnya. Yang parah oli campur air 3 atau 5 bulan kemudian, atau over head saat dipakai jarak jauh. Kebocoran bisa dari saluran air maupun oli. Memang tidak ketahuan karena kebocoran halus langsung ikut terbakar. Akibatnya busi tidak bisa kering hitam terus, tenaga tidak maksimal karena kompresi bocor halus.

Langkah pertama yang dilakukan adalah 

  • Membuka baut oli mesin bawah. Oli dikuras dengan menyiapkan tempat oli yang bersih agar bisa dipakai lagi jika masih layak pakai.
  • Membuka baut kuras radiator untuk menguras radiator
  • Membuka bagian tengah knalpot
  • Membuka baut knalpot yang terhubung dengan silinder head
  • Membuka tutup silinder head
  • Membuka karburator
  • membuka 6 baut silinder head dengan kunci sok 14 panjang supaya mudah
  • Membuka baut selang kecil dibawah termostat
  • Setelah karburator, selang kecil dibawah termostat dilepas, 6 baut silinder head terlepas, ambil balok kecil dan pukul pelan ke arah atas agar silinder headnya seperti gambar diatas terangkat. Jika packing silinder sudah bocor biasanya saat dipukul dengan balok ke atas pelan akan terangkat. Setelah terangkat akan mudah digerak gerakkan dan diangkat

Setelah diangkat bawa keluar dan dibersihkan ditempat yang terang. Gunakan silet dan solar untuk membersihkan bekas-bekas packing yang menempel sampai bersih baik padasilinder head maupun pada dudukan mesin. Gunakan semprot angin agar benar benar kering pada bagian saluran lubang air dan oli. 

Ratakan pada bagian permukaan silinder head dengan cara diamplas dengan alas kaca yang diberi amplas halus no 1000. Gosok gosok pada kaca yang dilapisi amplas hingga rata permukaannya begitu juga pada bagian dudukan mesin menggunakan amplas yang diberi potongan papan rata agar bisa rata saat mengamplas. 

Disarankan kondisi silinder head setelah finising benar benar kering agar gasget menempel dengan sempurna dan rapat. Gunakan kunci momen untuk mengencangkan khusus 6 baut silinder. Untuk mobil carry ukuran kekencangan baut 55-60 nm


VIDEO PILIHAN