Mohon tunggu...
supetra rahadiyono
supetra rahadiyono Mohon Tunggu... Supetra Rahadiyono sosok sederhana menyukai mobil suzuki carry yang terkenal awet dan bandel dan bergabung dengan (SCCI) Suzuki Carry Club Indonesia Reg 1 Bogor Raya

Supetra Rahadiyono sebagai AP Administrative Assistant KOMPAS GRAMEDIA - KG LOGISTICS.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Cara Bongkar Pasang Timing Belt Mobil Suzuki Carry

13 Agustus 2019   15:44 Diperbarui: 13 Agustus 2019   16:02 0 1 0 Mohon Tunggu...

Membokar itu gampang tapi memasangnya terkadang tidak mudah. Begitulah pengalaman pertama atau seorang pemula membongkar timing belt. Agar tidak keliru dalam memasangnya diperlukan ketelitian dan pengetahuan dari orang yang sudah pernah membongkar pasang. Karena alasan inilah saya ingin berbagi pengalaman bagaimana cara pasang dan bongkar timing belt khusus mobil suzuki carry.

Ada beberapa alasan mengapa timing belt perlu diganti. Mobil tua yang usianya lebih dari 5 tahun tentu akan terjadi keausan karena usia pemakaian. Boleh dikata bagian timing belt adalah wajib untuk di cek dilihat kondisinya karena dikhawatirkan saat berjalan jauh tiba tiba putus, ada baut bagian timing belt yang lepas bahkan jika kendur timing belt tenaga mesin tiba tiba loyo jika digas tenaga hilang. Ini sangat membahayakan dan agak rumit untuk diperbaiki jika kondisinya berada jauh dari pusat belanja peralatan mobil atau berada pada daerah terpencil. 

Mengecek timing belt seringkali terabaikan karena posisinya berada di dalam dan tidak tampak dari luar. Ada baiknya untuk dicek dan diganti baru sehingga merasa nyaman diperjalanan. Ciri ciri timing belt perlu diganti.

  1. Sudah tipis kendur
  2. Karet gigi giginya sudah retak dan aus
  3. Ada bekas retak

Untuk membongkarnya langkah pertama adalah : Memutar pully agar posisi berada TOP 1 pada roda gila tujuannya adalah agar posisi TOP 1 pada tali timing belt yang berupa tanda tanda titik (.) pada gigi timing belt atas dan bawah mudah dipahami.  Posisinya sejajar lurus antara titik  top 1 pada gigi depan dan belakang timing belt. Ingat bagi pemula yang pertama kali membongkar jangan asal main bongkar tahan dulu siapkan kamera hanphone untuk  difoto agar pemasangan kembali tidak salah.  

  1. membuka semua jok bagian depan dan diletakkan diluar. 
  2. Buka dudukan bak perseneleng dan dilepas.
  3. Buka radiator
  4. Lepas tali kipas dan kipas radiator
  5. Buka baut pully atas dan bawah dengan cara memasukkan obeng (-) di sela sela gigi roda gila agar posisi mengancing saat baut pully dilepas
  6. Buka tutup timing belt
  7. Buka roda atau setelan penekan tali timing belt

Unntuk memasangnya kembali diperhatikan posisi top 1 roda gila. Titik top gigi atas bawah timing belt sejajar lurus. Jadi harus benar benar pas pasang tali timing beltnya pada gigi timing belt atas bawah.  Kesulitan pada saat pasang kembali biasanya tidak pas memasukkan tali timing belt ke gigi atas bawah. Jadi harus pas antara top 1 roda gila dan top 1 timing belt.