Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Pengamat
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Untuk apa sembuhkan luka, bila hanya tuk cipta luka baru? (Supartono JW.15092016) supartonojw@yahoo.co.id instagram @supartono_jw @ssbsukmajayadepok twiter @supartono jw

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Artikel Utama

Mulai 22 September 2019, Ini SIM Baru yang Berlaku di Indonesia

23 Agustus 2019   11:02 Diperbarui: 23 Agustus 2019   13:42 0 36 13 Mohon Tunggu...
Mulai 22 September 2019, Ini SIM Baru yang Berlaku di Indonesia
Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)(Kompas.com/Oik Yusuf)

Wahai pengguna kendaraan bermotor di seluruh Indonesia, Polri akan resmi merilis penggunan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru pada 22 September 2019. Sudahkah Anda tahu?

Berbagai hal yang menyangkut kepentingan hajat hidup orang banyak, di negeri ini hampir selalu kurang tersosialisasikan dengan baik ke masyarakat.

Banyak kebijakan pemerintah, kebijakan publik yang juga masyarakat tidak tahu dan tidak paham karena tidak membaca di media atau tidak menonton tentang informasi kebijakan tersebut di televisi atau tidak mendengar pemberitaan dari radio dan orang lain.

Di samping itu, derasnya teknologi dan kemajuan zaman, dengan media sosial yang sudah menjadi gaya hidup seluruh lapisan mulai dari anak kecil hingga dewasa, justru hanya dipergunakan untuk hal-hal yang mereka butuhkan, untuk kepentingan dirinya sendiri.

Keberadaan sekolah, Perguruan Tinggi, RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, hingga Provinsi, media massa, yang menjadi ujung tombak penyebar infomasi kebijakan pemerintah dan kebijakan publik, juga terasa masih kurang. Sebab apapun kebijakan pemerintah dan kebijakan publik yang diluncurkan, tetap saja ada masyarakat yang tertinggal informasi dengan berbagai alasan dan sebab.

Kini, di media sosial juga telah beredar informasi tentang akan hadirnya SIM baru di Indonesia.

Sumber gambar: Kompas.com
Sumber gambar: Kompas.com

Ada unggahan menunjukkan tampilan SIM baru yang berwarna merah-putih dan berisi informasi data diri, adanya invisible ink berlogo lantas, dan ditulis dengan font anti-copy pada bagian depan SIM beredar di aplikasi pesan WhatsApp pada Rabu (21/8/2019).

Lalu, pada bagian belakang SIM baru dilengkapi dengan dual hidden image bertuliskan "SIM & INA" dan microtext bertuliskan "SIM".

Atas unggahan tersebut, menunjukkan bahwa ada perbedaan tampilan SIM lama dan baru. Pada bagian belakang SIM lama berwarna latar biru, untuk SIM baru berwarna latar putih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3