Supartono JW
Supartono JW Pengamat

Untuk apa sembuhkan luka, bila hanya tuk cipta luka baru? (Supartono JW.15092016) supartonojw@yahoo.co.id instagram @supartono_jw @ssbsukmajayadepok twiter @supartono jw

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Saatnya Menyongsong Pembukaan Piala Dunia dan Asian Games 2018

14 Juni 2018   08:40 Diperbarui: 14 Juni 2018   23:55 2623 1 1
Saatnya Menyongsong Pembukaan Piala Dunia dan Asian Games 2018
Sumber ilustrasi: tapirturismo.tur.ar

Pesta akbar sepak bola sejagat, siap digelar. Stadion Luzhniki pada Kamis 14 

Juni 2018 pukul 18.00 waktu Moskow atau pukul 22:00 WIB akan menjadi saksi pertanda dimulainya Pembukaan Piala Dunia 2018. Upacara pembukaan bakal berlangsung selama 30 menit sebelum kick off laga perdana antara Rusia vs Arab Saudi akan mengawali 64 laga Piala Dunia yang total hadiahnya mencapai sekitar Rp5,5 triliun.

Rangkaian pertandingan  fase grup akan tuntas pada matchday terakhir tanggal 28 Juni. Berikutnya, tahap gugur atau partai babak 16 besar hingga final, berlangsung pada 30 Juni-15 Juli. Pertandingan final akan digelar kembali di Stadion Luzhniki, Moskwa.

Pembukaan Piala Dunia
Sesuai rilis FIFA, upacara pembukaan Piala Dunia 2018 akan sedikit berbeda dari sebelumnya. Kali ini penampilan musikal akan menjadi fokus acara. Oleh karena itu, upacara pembukaan yang disiapkan waktu 30 menit jelang kick-off, bakal dimeriahkan oleh aksi penyanyi Inggris, Robbie Williams dan soprano Rusia, Aida Garifullina. Selain kedua penyanyi, Ronaldo Lus Nazrio de Lima bakal turut dalam acara pembukaan.

"Saya sangat senang dan bersemangat untuk kembali ke Rusia untuk penampilan yang unik seperti itu," kata Williams seperti dikutip SkySport. "Saya telah melakukan banyak hal dalam karir saya, dan membuka Piala Dunia FIFA untuk 80.000 penggemar sepakbola di stadion dan jutaan orang di seluruh dunia adalah impian masa kecil."

Sementara, bagi Ronaldo, laga pembukaan sangat simbolis. Menurutnya, momentum empat tahunan ini selalu ditunggu para penggemar sepak bola di seluruh dunia.

"Tentu saja ini juga emosional bagi tuan rumah. Setelah begitu banyak kerja keras, tiba-tiba seluruh dunia berkumpul di halaman belakang Anda untuk merayakan kecintaan mereka terhadap sepakbola. Saya merasakan itu di Brasil empat tahun lalu dan saya sekarang senang berbagi kegembiraan ini dengan Rusia juga," kata Ronaldo. Bersama Timnas Brasil, Ronaldo dua kali meraih gelar juara Piala Dunia pada 1994 dan 2002. Pada Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang, Ronaldo meraih sepatu emas setelah mencetak 8 gol.

Tak ketinggalan, Aida Garifullina yang mewakili negaranya mengatakan bahwa pembukaan Piala Dunia merupakan bagian terbesar dari hidupnya. "Saya tidak pernah membayangkan saya akan menjadi bagian dari perayaan besar ini, Piala Dunia, yang terjadi di negara saya sendiri," kata pemain solo dari Vienna State Opera ini.

Sesuai janji FIFA bahwa acara pembukaan akan fokus kepada musik, maka tak salah jika FIFA menampilkan penyanyi top dunia (Inggris dan Rusia) serta mega bintang sepakbola asal Brasil.

Pembukaan Piala Dunia 2018 juga akan dihadiri oleh mantan Presiden FIFA Sepp Blatter yang mendapatkan undangan dari Presiden Rusia Vladimir Putin. Blatter masih menjabat Presiden FIFA, saat Rusia memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018.

Laga pembuka seru dan menarik
Laga pembuka antar Rusia meladeni Arab Saudi, tentu tak diragukan lagi akan menjadi partai yang sangat seru dan menarik. Namun, sebagai laga perdana sekaligus pertandingan awal, diperkirakan kedua tim akan bermain hati-hati. Bisa jadi demi mengamankan tiket ke fase gugur, bagi kedua negara, hasil imbang menjadi incaran. Kedua tim sama-sama mengincar poin di laga awal.

Perbedaan dalam laga nanti, Rusia sebagai tuan rumah pasti tidak ingin dipermalukan Arab Saudi di depan publik sendiri. Tidak ada cara lain selain mengambil poin bersih 3 alias Rusia pasti akan menggaransi kemenangan bagi pendukungnya.

Bagi Arab sendiri, hasil imbang sudah cukup bagus, tetapi bila Rusia terlalu yakin dan percaya diri, Arab Saudi dapat mengambil keuntungan dan membalikkan keadaan. Jadi, siapa yang siap mental serta cerdas memainkan strategi, maka akan keluar sebagai pemenang.

Siaran langsung dan pelajaran buat pembukaan Asean Games
Bagi pecinta sepak bola Indonesia, semua laga Piala Dunia dapat disaksikan melalui stasiun televisi Trans TV, K Vision, dan Usee TV sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2018.

Momentum pembukaan Piala Dunia, juga dapat menjadi sarana pembelajaran bagi INASGOC atau Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee dalam menyelenggarakan acara pembukaan Asean Games Indonesia yang tinggal dua bulan lagi.

Bila pembukaan Asean Games menampilkan juga penyanyi dalam pembukaannya, semoga INASGOC jeli memilih artis penyanyi dalam negeri maupun artis manca negara bila diperlukan, Mengingat Asean Games belum tentu akan hadir lagi di Indonesia.

Semoga gelaran Piala Dunia 2018, minimal dapat menghibur hati dan perasaan publik sepakbola nasional dengan sejenak merasa memiliki tim dari negara lain dengan menjadi suporter tim yang didukungnya, dan sambil boleh bermimpi dan berharap, pada suatu saat kelak timnas Indonesia akan berlaga dalam babak final Piala Dunia, menjadi 1 di antara 32 negara finalis. Amin.

Bagi yang gemar nonton bareng (nobar) pastikan bahwa tempat nobar telah mengantongi izin dari PT PestaBola Indonesia (PBI). PT PBI pemegang hak melakukan sertifikasi venue untuk menggelar Public Exhibition dari PT Futbal Momentum Asia (FMA), yang memegang lisensi eksklusif Piala Dunia di Indonesia.

Selamat datang Piala Dunia.