Mohon tunggu...
SUPARDI HARUN
SUPARDI HARUN Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Inggris

Supardi Harun Ar-Rasyid, seorang guru bahasa Inggris, Founder Gama Nusa , tinggal di Bekasi,hobinya membaca dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Guru Investasi Masa Depan

25 November 2023   08:40 Diperbarui: 25 November 2023   09:51 117
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

GURU : INVESTASI MASA DEPAN
Oleh: Supardi HR

"Jika Anda ingin mulia jadilah guru,
Jika Anda ingin kaya jadilah pengusaha "( Supardi HR)

Hari ini , 25 November 2023 diperingati sebagai hari guru. Hal ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah untuk seluruh guru di Indonesia.

Dunia terus berkembang. Tantangan teknologi dan masyarakat global semakin komplek. Sehingga pendidikan harus menjadi inklusif, berpusat pada murid dan mampu kritis,agar bisa menjawab tantangan tersebut.
Oleh karena itu untuk menghadapi masa depan perlu adanya investasi. Ya... investasi pendidikan.
Sebab pendidikan akan memberikan landasan yang sangat strategis,agar individu menjadi lebih berkualitas.

Untuk menjadikan sumberdaya yang handal, pendidikan usia dini , PAUD,SD,SMP, SMA sangat dibutuhkan. Sehingga peran guru sangat vital. Karena jika guru salah dalam mendidik maka hasilnya, buahnya pun juga tidak akan baik. Di sinilah dibutuhkan seorang guru yang benar-benar tulus, gigih dan semangat dalam mendidik dan membimbing para siswa.

Perlu diketahui ,pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam mengantisipasi masa depan, karena pendidikan selalu diorientasikan pada penyiapan peserta didik untuk berperan dimasa yang akan datang. Tonggak estafet kepimpinan bangsa ada di tangan pemuda. Generasi Z sekarang perlu di siapkan secara matang

Proses pendidikan adalah mempersiapkan manusia agar dapat hidup layak di masa depan. Sehingga peran guru sangat penting dalam dunia pendidikan.

Guru perlu dibekali dengan ilmu pengetahuan.
Upaya peningkatan guru profesional terus  dilakukan oleh pemerintah melalui kegiatan misalnya seminar, pelatihan, dan program sertifikasi guru.

Dihimbau  para guru selalu mengupgrade dirinya. Salah satunya adalah mengikuti seminar dan pelatihan guru.  Saat ini banyak beberapa instansi atau perguruan tinggi mengadakan beberapa seminar yang bertajuk  pendidikan. Misalnya, sebuah seminar dengan tema " Peningkatan metode guru dalam implementasi kurikulum merdeka", penggunaan media digital dalam pembelajaran, dan lain sebagainya. Serta pelatihan-pelatihan guru yang diselenggarakan oleh swasta atau pemerintah. Baik yang gratis atau berbayar.

Semua itu adalah sebagai penunjang guru. Diharapkan guru berkualitas. Dengan demikian akan ada perubahan yang terjadi dalam sistem dan metode belajar siswa di dlama mauapun di luar kelas, intrakurikuler maulin ekstrakurikuler.
Dengan kata lain, dengan mengikuti seminar dan pelatihan akan menambah skill dan kemampuan guru , yang belum pernah didapatkan .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun