Mohon tunggu...
supadilah
supadilah Mohon Tunggu... Guru - seorang guru

Guru. Suka baca, tulis, dan olahraga.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Memilih Komunitas Positif

4 Desember 2021   21:38 Diperbarui: 4 Desember 2021   21:48 170 11 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://sobat.indihome.co.id/program

Semakin hari semakin banyak komunitas yang saya ikuti. Ada komunitas yang sementara waktu. ada yang bertahan lama sampai bertahun-tahun.

Salah satu komunitas yang cukup lama saya ikuti adalah komunitas BWA. BWA ini kependekan dari blog walking asyik. Komunitas ini adalah komunitas blogger. Anggotanya 230-an orang. Tapi banyak yang tidak aktif.  Seperti komunitas lainnya, ada yang aktif dan tidak aktif. Sudah 2 tahun saya ikut komunitas ini. pekan kemarin komunitas ini bersih-bersih anggotanya.

Jadi yang tidak aktif akan di-kick. Yang ada di komunitas ini benar-benar blogger yang aktif dan menunjukkan komitmennya blog walking.

Saya kira, sesuai namanya aktivitas di komunitas ini adalah walking di blog-blog para anggotanya. Eh, ternyata ada kegiatan lain. Misalnya diskusi tentang blog, pelatihan menulis, strategi menang lomba blog, dan lainnya.

Berawal dari diskusi via zoom yang diisi oleh salah satu anggotanya, Bang Doel yang blognya sering jadi page one. Mengambil tema Meningkatkan Traffic Blog, diskusi ini diadakan 19 November 2021.

Tantangannya adalah anggota komunitas diminta membuat resume acara. Jadi peserta harus menyimak dengan baik materi yang disampaikan. Bagi yang tidak hadir bisa diganti dengan menulis tentang komunita BWA misalnya pengalaman bergabung atau kesan selama di BWA.

Saya bergabung di BWA Februari 2020. Grup yang nano-nano. Mulai dari hal yang serius, garing, dan lucu. Aktivitasnya blog walking, tanya jawab, hingga berbagi informasi.

Obrolannya random banget. Mulai dari dunia ngeblog, media sosial, pernikahan, dan lainnya.

Oh iya, dalam diskusi itu,  Bang Doel, berbagai cara mendapatkan traffic blog yang tinggi. Kalau dengar kata traffic seketika teringat lalu lintas ya. Traffic blog adalah kondisi yang menggambarkan banyaknya pengguna internet yang mengunjungi sebuah website.

Tapi, kata Bang Doel, "Meningkatkan traffic blog tentu tak diperlukan buat blogger yang gak perlu-perlu amat sama traffic."

Jadi, bagi yang blognya sekadar untuk curhat, nulis yang santai, atau tidak mementingkan sebuah page one, tidak perlu banget deh materi ini. ya, mungkin sekadar informasi saja. Tapi, kalau kapan-kapan pengen juga blognya banyak dikunjungi, materi ini perlu disimak sampai selesai. Boleh sambil ngopi kok.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan