Mohon tunggu...
SUNARTI
SUNARTI Mohon Tunggu... Ahli gizi
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Saya seorang ahli gizi yang ingin berbagi informasi terkait gizi baik pada makanan atau bahan makanan beserta interaksinya terhadap suatu penyakit. Untuk konsultasi gizi secara langsung bisa hubungi email : sunarti10081996@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Kehamilan dengan Anemia Defisiensi Besi

13 Juni 2020   19:41 Diperbarui: 13 Juni 2020   19:35 30 2 0 Mohon Tunggu...

Kehamilan dengan anemia defisiensi FE adalah berkurangnya zat besi dalam darah sehingga HB darah menurun < 11 gr. Penyebabnya adalah konsumsi zat besi dalam makanan rendah, rendahnya absorbsi zat besi, kebutuhan yang meningkat, kehilangan darah.

Perlu diketahui bahwa saat kehamilan kebutuhan fe meningkat, hal ini dikarenakan untuk kebutuhan basal, untuk pembentukan sel darah merah, untuk pembentukan janin & plasenta. Jika terjadi kehamilan dengan anemia defisiensi Fe maka akan menimbulkan komplikasi seperti abortus, prematur, perdarahan post partum, infeksi intra/post partum, jika terjadi pada masa konsepsi akan mengakibatkan kematian mudgah, kematian perinatal, prematuritas, cacat bawaan.

Apabila telah terjadi kehamilan dengan defisiensi anemia defisiensi fe maka harus diberikan makanan yang mengandung energi tinggi, protein tinggi, mineral cukup kecuali fe diberikan 1 tablet/hari selama 90 hari, vitamin cukup kecuali vitamin C.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x