Edukasi

Mengenal Diagnostik Kesulitan Belajar

7 November 2018   23:21 Diperbarui: 7 November 2018   23:44 192 0 0

Sebelum kita membahas mengenai diagnostik kesulitan belajar, apa arti kata diagnostik itu sendiri? Dalam kamus besar bahasa Indonesia arti kata diagnostik adalah ilmu untuk menemukan jenis penyakit berdasarkan gejala yang ada.

Kata diagnostik sering kali digunakan di dalam ilmu kedokteran, walaupun dalam ilmu pendidikan kata tersebut juga bisa digunakan bukannya untuk menemukan jenis penyakit, melainkan untuk menemukan jenis kesulitan dalam belajar peserta didik.

Menurut Abin (2003:309), diagnostik kesulitan belajar adalah suatu proses upaya untuk memahami jenis dan karakteristik serta latar belakang kesulitan-kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dengan menghimpun dan mempergunakan berbagai data/informasi selengkap dan seobjektif mungkin sehingga memungkinkan untuk mengambil kesimpulan dan keputusan serta mencari alternatif untuk kemungkinan pemecahannya.  

Dengan adanya diagnostik terhadap permasalahan siswa terutama yang berkaitan dengan proses belajar siswa dilingkungan pendidikan, maka seorang guru ataupun pihak-pihak yang bersangkutan dengan siswa yang mengalami kegagalan tersebut, dapat mengusahakan adanya pemberian bantuan berupa layanan bimbingan kepada siswa tersebut supaya dapat mengatasi kesulitan-kesulitan belajar yang dihadapinya sehingga siswa dapat mencapai hasil yang diharapkan serta dapat mencapai tugas perkembangannya dengan baik.