Mohon tunggu...
Sumarno Rumahijoe
Sumarno Rumahijoe Mohon Tunggu... Guru - Guru

rumahijoe, aljabartech, lmsinau.blogspot.com, hanumhana16.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Misteri Goa Greweng dan Eksotisnya Pantai Greweng

30 November 2023   12:08 Diperbarui: 30 November 2023   12:16 120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Misteri Goa Greweng

Goa Greweng terletak di wilayah Pantai Greweng, Kapanewon Girisubo Kabupaten Gunungkidul. Goa ini hanya salah satu goa yang berada di wilayah Pantai Greweng, karena berdasar informasi yang kami dapatkan, di wilayah pantai ini setidaknya ada 3 goa, yakni goa greweng, goa bentis dan goa lowo. Untuk mencapai goa ini anda hanya perlu datang ke Pantai Greweng, setelah itu mintalah informasi tentang goa greweng atau bentis, maka anda akan diberikan arah jalan menuju goa-goa tersebut.

Menurut cerita lokal, siapa aja bisa masuk dalam goa, artinya permintaannya akan ada yang terpenuhi. Anehnya, tidak semua orang bisa masuk ke dalam goa. Karena selain sempit, goa ini dipenuhi dengan tajamnya karang.Goa ini memang sering dijadikan sebagai tempat bertapa, bahkan sampai sekarang, banyak cerita-cerita mistik yang mengalir dari gua ini. Selain itu, juga ada kelelawar-kelelawar yang bergelantungan di sana. Yang menakjubkan juga ketika anda masuk di goa ini, akan terlihat stalagnit dan stalaktit yang mengkristal bagai kilauan permata.

Dok Pribadi
Dok Pribadi

 Eksotisnya Pantai Greweng

Untuk mencapai Pantai Greweng, pengunjung diharuskan untuk melakukan tracking melewati jalanan bebatuan yang menanjak maupun menurun. Tingkat kesulitan jalur menuju Pantai Greweng cukup bervariasi, namun masih dapat dilalui oleh pengunjung yang tidak biasa tracking sekalipun. Dibutuhkan stamina yang cukup untuk melewati jalur tracking. Selain itu juga, perbekalan seperti air merupakan hal yang wajib untuk dibawa. Menuju Greweng, pengunjung dapat mengawali perjalanan dari dua titik yakni Pantai Jungwok dan Pantai Sedahan. Namun, apabila menginginkan jalur yang lebih panjang dan mengasyikkan, Pantai Jungwok lah pilihan yang tepat 

Keindahan tersembunyi lainnya adalah hutan bakau di salah satu sudut Pantai Greweng. Hutan ini merupakan aset berharga pantai karena menjaga kestabilan ekosistem. Hanya sebagian kecil dari hutan bakau Greweng yang dapat dikunjungi karena sisi utara hutan ini termasuk wilayah sakral yang tidak boleh dimasuki oleh sembarang orang. Hanya petapa dan orang-orang khusus yang dapat melewati batas wilayah tersebut. 

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Pesona Pantai Greweng

Perjalanan menuju Pantai Greweng memang bukan perjalanan yang mudah dan instan. Tetapi, pesona Pantai Greweng seolah membayar semua peluh ketika melakukan perjalanan tracking. Pantai Greweng memiliki pasir putih yang luas dan deru ombak yang kencang. Pengunjung dapat menghabiskan malam bersama orang tercinta dengan mendirikan tenda. Fasilitas seperti persewaan tenda, kamar mandi dan kedai-kedai makanan telah tersedia. Tetapi, wilayah Pantai Greweng yang termasuk area konservasi tidak mendukung aktivitas api unggun. Sebagai gantinya, pengunjung dapat menikmati indahnya hamparan bintang di langit yang selalu muncul di malam hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun