Mohon tunggu...
Sumarjiyati sumarjiyati
Sumarjiyati sumarjiyati Mohon Tunggu... Guru - Seorang Guru PAI SD. Aktif di komunitas Aisei dan Lagerunal.

Menulis baginya sesuatu yang buatnya bahagia, bahagia bisa berbagi, menulis bisa memanjangkan umur dan mengukir sejarah. Tulis yang kamu lakukan lakukan yang kamu tulis.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Memiliki Kelebihan dari Bulan Lain

31 Juli 2022   00:35 Diperbarui: 31 Juli 2022   00:43 32 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Memiliki Kelebihan dari Bulan Lain

Dalam Islam bulan-bulan yang ada di kalender Hijriyah memiliki beberapa bulan yang disebutkan dalam AL-Quran tentang kelebihan dari pada bulan yang lainya. Di antara 12 bulan yang ada 4 bulan yang di sebutkan bulan tersebut memiliki kelebihan. Apabila kita mengerjakan amal kebaikan di bulan tersebut akan ada tambahan pahala. Bualn alain setelah bulan Ramadhan adalah bulan Ramadhan, bulan Dulhijah, bulan Muharam serta bulan Rajab.

Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.(At-Taubah ayat : 32)

Hari ini adalah hari pertama di bulan Muharam, sayang jika kita tidak memanfaatkannya dengan beramal solih. Karena kita tahu jika kita mengerjakan amla solih maka status phalanya naik. Jikalau sekarng kita salat maka  salat kita pahalanya bertambah. Jika kita saat ini membaca AL-Quran maka nilai pahalanya pun juga bertambah dan jika hari ini kita infaq maka nilai pahala infaq kita pun juga bertambah.

Untuk itu mumpung masih ada waktu. Ayo kita tingkatkan. Caranya bagaimana. Kalau kita  ingin  mengamalkan satu amalan, namun banyak amalan lainya mengikuti maka satu amalan tersebut adalah "puasa". Mendayung satu,  amalah dua, tiga amal mengikuti. Rumus nabinya yaitu puasa. Puasa yang sangat di sukai Alalh setelah puasa Ramadhan adalah puasa syahrol Muharam. Alhamdulilah kita masih di pertemukan bulan Muharram tahun ini. Maka masih adakah kita akan menyia-nyiakan bulan ini?

Salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah adalah meningkatkan amal ibadah kita kepadanya. Maka moment tahun baru ini marilah kita tingkatkan ibadah kita kepada Allah Swt.  Semoga tahun ini kita bisa lebih baik dari tahun kemarin. Mudahkan dan lancarkan setiap jalan kami ya Rabb, lindungilah kami dimanapun kami berada, bimbing kami senantiasa di jalan-Mu. Selamatkan kami dari segala marabahaya dan godaan syetan. Aamiin

Gunungkidul, 31 Juli 2022 / 2 Muharam 1444H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan