Mohon tunggu...
Simeon Sion
Simeon Sion Mohon Tunggu... Saya berpikir maka saya ada

Lakukan Pekerjaan dengan jujur karena kita masih bisa makan hanya dengan garam.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Tali Persaudaraan dalam Talinusa Indonesia

27 Februari 2021   14:22 Diperbarui: 27 Februari 2021   14:42 126 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tali Persaudaraan dalam Talinusa Indonesia
(dok. Talinusa Indonesia)

Di beberapa media sosial santer terdengar istilah Talinusa Indonesia. Talinusa Indonesia merupakan suatu kelompok kategorial Pendidikan pertama Sekolah Tamtama Polri tahun 1998/1999.

Organisasi ini terbilang unik karena anggotanya bukan merupakan alumni dari sebuah lembaga pendidikan formal seperti pada umumnya melainkan terlahir karena memiliki jenis pendidikan Polri yang sama dan pada tahun yang sama yaitu 1998/1999.

Keanggotaanya mencakup seluruh personil POlri yang mengikuti Pendidikan pada tahun tersebut dimana saja diseluruh tanah air Indonesia.

Organisasi ini dibentuk atas inisiasi Bripka Dani Rukmana, personil Sat Lantas POlres Bandung Kota pada tahun 1999.

Tanpa iming-iming finansial organisasi ini tetap eksis dari tahun ketahun tanpa masalah dan hingga tahun 2021 anggotanya sudah mencapai 1500 orang dan tujuh puluh lima persen bertugas di Brigade Mobil Polri (Brimob Polri).

Urusan rumah tangga organisasi dibangun atas dasar solidaritas anggota yang dengan setia memberi apa adanya bila organisasinya membutuhkan. Misalnya ada anggota yang menderita sakit, koordinator umum segera mengumumkan kepada anggota dan dari seluruh nusantara bantuan dikirimkan dan langsung didistribusikan kepada anggota yang menderita sakit.

Selain itu masih ada aksi lain yang dilakukan. Sebut saja Aksi Sosial Talinusa Berbagi tahun 2019 telah memberi bantuan semabako ke Kalimantan Timur untuk mengatasi banjir dan Talinusa Berbagi 2021 yang telah memberi bantuan kepada korban banjir di Jakarta pada pertengahan bulan Pebruari 2021. Dan hingga kini aksi sosial lainnya masih terus dilakukan demi kecintaanya pada pada masyarakat sebagai sasaran tugasnya.

Hari ini 27 Pebruari 2021 Talinusa Indonesia telah menapaki usia ke 22. Usia yang terbilang dewasa untuk sebuah organisasi sosial dalam Lembaga Kepolisian ini telah memberi teladan bagi organisasi atau komunitas lainnya demi membina kebersamaan dalam rasa senasib dan sepenanggungan.

Happy Anniversary Talinusa Indonesia, semoga tali persaudaraanmu semakin erat menjangkau semua sahabat diseluruh Nusantara, baik yang sedang berada di medan tugas dalam negeri maupun luar negeri.

WE LOVE TALINUSA INDONESIA.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x