Mohon tunggu...
Sultan Saiful
Sultan Saiful Mohon Tunggu... Lecturer

Pendidikan UNIVERSITY, LOVED TO TRAVEL AND READ SOME BOOKS

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Strategi Penjualan

31 Juli 2019   23:26 Diperbarui: 1 Agustus 2019   17:33 0 1 0 Mohon Tunggu...
Strategi Penjualan
Marketer handal mengetahui produknya . Sumber photo .Getty Images

"Apakah yang bisa membuatmu damai ? Damai perasaanmu lahir dan batin ? Menjawab soalan ini, tidaklah sulit dan pelik? Cuma kita saja sebagai manusia yang merasa angkuh. Kalau kamu telah bekerja keras, mulai pagi sampai petang, tulang-tulang di tubuhmu terasa kaku, kamu berjalan gontai menjelajahi rumput-rumput di ladang, dan kamu bisa hampir kehilangan napas karena kelelahan. Beban kamu bertambah karena market yang tidak berpihak kepadamu, lalu kamu merugi? sulit dan pelik? Cuma kita saja sebagai manusia yang merasa angkuh. Kalau kamu telah bekerja keras, mulai pagi sampai petang, tulang-tulang di tubuhmu terasa kaku, kamu berjalan gontai menjelajahi rumput-rumput di ladang, dan kamu bisa hampir kehilangan napas karena kelelahan. Beban kamu bertambah karena market yang tidak berpihak kepadamu, lalu kamu merugi"( Mozaik Hikmah 4 Negara )

Kutipan Penulis S. Saiful . Dia adalah konsultan dan Pengajar Hukum Bisnis  yang berbasis di Jakarta, Indonesia

 Sesungguhnya, pemasar atau penjual yang berbasis internet dapat membuka wawasan yang baru ,dan mengkreasi klien di seluruh penjuru dunia. Pelanggan dapat membeli dari penjual yang terpercaya atau sama lainnya. Ada beberapa hal penting bahwa penjual dapat menawarkan via telpon atau internet . Tetapi yang perlu disadari , kita harus perhatikan harga, kualitas ,dan pengiriman.
 
Beberapa tips yang bisa membantu para penjual atau pemasar .
 
Mengetahui Bidikan
 
Batasi pemasaran produk kita . Seprti apa tipe klien dan pelayanan apa yang diinginkan oleh kostumer . Atau kata lain adalah demographi bisnis kita. Ini yang penting sekali dalam pengalokasian bisnis.
 
Pengetahuan Produk
 
Pelajari produk. Tanyalah kepada anda sendiri produk yang  anda pasarkan. Apakah produk anda sudah memenuhi standar yang kea rah kompetisi?
 
 Jadilah yang Berbeda dari yang lainnya.
 
Menjadi Pemasar yang spesialis akan membuat diri anda berbeda dengan yang lainnya. Cari dan terapkan strategi pemasaran setiap bulan dan khususnya yang bisa memberikan hasil.


 Gagal berencana atau perencanaan yang gagal
 
Menulis  perencanaan yang harus dilakukan pada hari itu, adalah termasuk strategi bisnis. Periksa kembali dan revisi dan coba sempurnakan setiap waktu .
 
Setiap orang adalah penjual
 
Adalah sah saja apabila pemasar memberikan insentif kepada kliennya. Misalnya memberikan discount untuk pembelian berikutnya .Setiap  kita usai melakukan meeting dengan klien , usahakan tinggalkan pamlet atau literatur atas produknya.
 
 Sosialisasi
 
Memperkaya database dari beberapa klien dan tambahkan kontak di e- mail . Jadinya kita akan mempunyai dafter para klien. Komunikasi setiap saat via telpon, e-mail, atau  milis .Hal seperti ini bisa dipakai untuk promosi setiap produk terbaru.
 
 
  Jaringan Kerja
 
Bekerja sama dengan orgainisasi bisnis, atau seseorang yang bisa memberikan  referensi klien adalah hal sangat membantu dalam pengembangan bisnis.
 
 
 80%- 20 %
 
80 % bisnis anda adalah 20 % nya berasal dari klien. Jangan cemas kehilangan pelanggan yang tidak potensial atau klien yang tidak melakukan pembayaran dengan baik atau tidak menepati janji. Hal seperti ini akan memberikan ruang untuk mencari klien yang kredibel.
 
 Jangan lupa kartu Nama
 
 
Sebaiknya jangan tinggalkan rumah tanpa kartu nama.Bawalah selalu kemana anda pergi. Apakah itu di waktu seminar bisnis  atau kegiatan sosial . Menulis tempat dan tanggal pertemuan dengan kartu nama klien adalah salah satu tanda perhatian anda yang ke arah detail .Selanjutnya adakan pertemuan lain waktu untuk membahas bisnis bersama, tapi yang perlu diingat rencana dan antusias bisnis bukan dari satu sisi saja.
 
Daftar Pustaka


Hukum Bisnis: Penerapan Hukum Asuransi Kerugian terhadap perlindungan Resiko E-Commerce Berbasis Portal (Indonesian Edition)

S. Saiful, Createspace, 2018

Mozaik Hikmah 4 Negara, Saiful S, 2014, Bitread, Jakarta, Indonesia 

VIDEO PILIHAN