Media Loss Part
   Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor  146 Tahun 2014 menyebutkan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (paud) adalah  Suatu upaya pembinaan yang di tujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan anak usia 6 tahun yang melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki dunia pendidikan lebih lanjut.
  Menurut Depdiknas (dalam mulyani, 2019) menyebutkan bahwa lambang bilangan atau  angka adalah simbol atau lambang yang di pakai untuk mewakili sebuah bilangan. Lambang bilangan perlu dikenakan pada anak sedini mungkin karena "bilangan  merupakan dasar dari kemampuan matematika.
  Menurut Ismunanto (dalam Syafitri, 2018) Mengatakan bahwa bilangan adalah suatu konsep matmatika yang di gunawan untuk pencacahan dan pengukuran.
 Dari berbagai pengertian di atas maka pengertian lambang bilangan adalah suatu lambang atau simbol yang berupa angka yang di gunawan untuk menuliskan suatu bilangan.
   Mdia Pembelajaran  adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar dan berfungsi untuk mmper jelas makna pesan yang di sampaikan sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang baik dan sempurna. (Oktari,2017)
   Menurut Dlay  & Belgolovsky ( dalam Mastuinda,2010) Loose part adalah material yang dapat di pindahan,dibawa,digabungaken ,dirancang ulang dan di satukan kembali dengan berbagai cara. Dari pangertian tersebut dapat disimpulkan  bahwa dengan menggunakan losspart sebagai media bermain dapat memberikan kesempatan bereksplorasi secara luas kepada anak karena losspart bisa di gunawan sesuai  kepinginan dan imajinasi anak.
   Bermain variatif adalah kegiatan yang dilakukan dengan variasi kegiatan permainan yang beragam dan berbeda-beda. keguatan bermain variatif yang di gunawan antara lain yaitu :Â
1. Bermain mencari loosepart sesuai jumlah       gambar dan memasangkan dengan angka       yang sesuai .
2. Bermain membuat kolase angka dari bini - Â Â Â Â Â bijianÂ