Mohon tunggu...
Sukma Giri Pratama
Sukma Giri Pratama Mohon Tunggu... lecturer

I'm a Lecturer

Selanjutnya

Tutup

Digital

Pentingnya UI/UX Design dalam Pengembangan Aplikasi

27 Januari 2021   20:18 Diperbarui: 27 Januari 2021   20:36 242 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya UI/UX Design dalam Pengembangan Aplikasi
medium.theuxblog

Di era digital saat ini mayoritas orang hidup didalam sebuah aplikasi, mulai dari transportasi, makanan, hingga kebutuhan hidup lainnya dapat dipesan melalui sebuah aplikasi baik mobile maupun website. Peranan UI / UX yang efektif telah membuat perubahan drastis pada pengembangan sebuah aplikasi. UI (User Interface) dan UX (User Experience) merancang design aplikasi yang mudah digunakan dan ramah bagi pengguna aplikasi sehingga pengguna merasa tertarik dan nyaman serta memiliki pengalaman yang baik ketika berselancar didalam aplikasi.

UI (User Interface) adalah tampilan visual pada perangkat lunak seperti perangkat mobile, komputer, dan lain-lain dengan fokus untuk memaksimalkan pengalaman pengguna. (Mega Herdiyanti, 2019) Seorang desainer UI (User Interface) diwajibkan memiliki keahlian dalam memahami konsep design tampilan UI yang menarik. Mulai dari konsistensi warna, font, ikon simbol dan tombol diperlukan sehingga menghasilkan desain yang akan memanjakan penggunanya.

Sedangkan UX (User Experience) adalah proses meningkatkan kepuasan pengalaman pengguna dengan fokus untuk mempermudah dan memperlancar interaksi antara pengguna dengan aplikasi. 

Pentingnya UI (User Interface) dan UX (User Experience)

Dalam sebuah aplikasi baik mobile maupun website, UI sangat berpengaruh karna UI adalah hal pertama yang dilihat dan dinilai oleh pengguna sehingga dapat menarik penggunaan serta menaikan traffic. Ketika pengguna mengunjungi atau menggunakan aplikasi untuk pertama kalinya dan pengguna merasakan kenyamanan dengan tampilan dan fitur-fitur yang ada dalam aplikasi seperti warna, icon, dan tombol yang menarik, maka dengan sendirinya pengguna akan terus menggunakan aplikasi tersebut.

UI juga dapat berperan sebagai alat pemasaran, karena UI dapat menyajikan konten-konten yang menarik. Baik konten tulisan, video, maupun gambar-gambar menarik yang informatif. Seluruh informasi yang perlu anda sampaikan dalam konten dapat dituangkan dalam design UI yang menarik.

Disisi lain design UI juga mencerminkan kualitas perusahaan atau platform. Saat pertama kali pengguna menggunakan sebuah aplikasi, pada saat itu juga pengguna dapat menilai seberapa puas dan menariknya sebuah aplikasi. Maka dari itu komponen-komponen dalam UI seperti warna, icon, tipografi, white space, tombol, dan komponen lainnya harus dibuat semenarik mungkin. Dengan begitu, akan sangat membantu proses branding sebuah perusahaan sehingga pengguna percaya dengan kualitas perusahaan. 

Berdasarkan namanya, UX (User Experience) sangat berperan dalam menyajikan pengalaman yang optimal dan sebaik mungkin untuk pengguna agar merasa nyaman dan senang dalam menggunakan sebuah aplikasi. Maka dari itu, jika pengguna mengalami pengalaman yang buruk seperti loading lambat atau lag, tidak menutup kemungkinan pengguna akan langsung menutup aplikasi dan beralih ke aplikasi yang diarasa memiliki pengalaman yang lebih baik.

Berikut adalah beberapa riset mengenai pentingnya UX (User Experience) bagi sebuah aplikasi di era digital saat ini:

  • Menurut penelitian dari Imaginovation, sebuah lembaga penelitian berbasis di Amerika: Jika konten pada sebuah aplikasi tidak dioptimalkan dengan baik, sebanyak 79% pengunjung akan beralih mencari konten/produk lainnya.
  • Menurut penelitian dari lembaga riset HubSpot: pengguna smartphone 5X lebih punya kecenderungan untuk meninggalkan website jika website tidak dioptimalkan agar sesuai dengan perangkat yang mereka punya.
  • Menurut penelitian dari lembaga riset MindTouch: pendapatan dari website ESPN.com melonjak 35% setelah mereka mendengarkan keluhan pengguna mereka dan mendesain ulang homepage mereka.
  • Menurut Adobe: 39% orang akan berhenti mengakses website jika gambar terlalu lama loadingnya atau leg.

Ciri -- Ciri UI (User Interface) dan UX (User Experience) Yang Menarik

1. Jelas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN